Osvaldo Haay Bikin Persija Tak Lagi Marko Simic Sentris

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 03 Apr 2021 16:30 WIB
Persija Jakarta Vs Bhayangkara FC
Hadirnya Osvaldo Haay membuat Persija tak lagi Marko Simic sentris (Foto: dok. Persija Jakarta)
Jakarta -

Sosok Osvaldo Haay perlahan mulai membuat Persija Jakarta tak lagi Marko Simic sentris. Osvaldo mampu berbagi peran dalam hal mencetak gol dengan Simic.

Persija sangat-sangat bergantung dengan Simic sebelum kedatangan Osvaldo. Maklum, Simic punya rekor gol yang sangat baik sejak pertama kali memperkuat Persija mulai musim 2018.

Dari catatan detikSport, pemain asal Kroasia itu total sudah mengoleksi 77 gol dari 92 pertandingan bersama Persija di semua ajang. Artinya, penyerang asal Kroasia punya rasio 0,83 gol/laga.

Sebagai informasi, ada perbedaan catatan gol versi detikSport dan Simic sendiri. Eks pemain Timnas Kroasia U-21 mengklaim sudah mencetak 80 gol sebelum Liga 1 2020 dimulai.

[Gambas:Instagram]

Jika memakai catatan Simic, berarti ia sekarang sudah mencetak 82 gol berkat tambahan masing-masing satu gol di Liga 1 2020 dan satu gol di Liga 1 2020. Tapi, detikSport hanya mencatat gol-gol Simic di ajang resmi saja yang di antaranya termasuk ajang-ajang pramusim.

Sementara Osvaldo langsung berhasil menunjukkan ketajamannya sejak mainkan debut bersama Persija. Ia menyumbang satu gol kala Persija bersua Borneo FC di laga pertama Liga 1 2020, 1 Maret 2020.

Menariknya, gol Osvaldo itu sebenarnya berasal dari umpan cut-back yang sebelumnya selalu menjadi santapan Simic. Namun, penyerang asing Persija itu gagal menyambutnya dan bola yang melaju ke tiang jauh berhasil disambut Osvaldo.

Gol itu menunjukkan bahwa Osvaldo bisa menjadi jawaban buat Persija. Ketika Simic gagal menyambut umpan, ada Osvaldo yang siap menyambutnya kemudian.

Pemandangan seperti itu kembali terjadi di Piala Menpora 2021. Sudah dua gol yang sudah disumbangkan Osvaldo dari tiga pertandingan yang dimainkannya.

Dua gol Osvaldo di Piala Menpora juga berasal dari bola-bola kesukaan Simic. Gol pertama kontra Borneo adalah hasil usahanya mengejar bola dari Andritany Ardhiyasa.

Bola jauh dari Andritany berhasil dikuasai Osvaldo yang kemudian menceploskan bola dengan mudah setelah menghadapi satu lawan satu dengan kiper lawan. Gol kedua kontra Bhayangkara FC tercipta lewat sundulan dalam situasi set-piece. Lagi-lagi, biasanya itu adalah makanan buat Simic.

Total eks Persipura Jayapura sudah mengoleksi tiga gol dari lima pertandingan. Rasio golnya adalah 0,6 gol/pertandingan.

Rasio gol itu masih kalah dari Simic memang, tapi terhitung bagus untuk penyerang lokal yang bersaing dengan pemain asing. Padahal, penyerang lokal kerap mati kutu kala timnya punya juru gedor impor.

Di sisi lain Simic baru mengoleksi satu gol di ajang pramusim ini. Ini adalah kali pertama Simic kalah soal perolehan gol dari rekannya di Persija.

Perbandingan gol Marko Simic dan Osvaldo Haay

Marko Simic
77 gol, 92 pertandingan= 0,83 gol/laga

Osvaldo Haay
Tiga (tiga) gol, lima pertandingan= 0,6 gol/pertandingan



Simak Video "Gairah Pencinta Sepak Bola saat Piala Menpora Digelar di Masa Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/pur)