PSSI Konfirmasi Timnas Indonesia Akan Uji Coba Lawan Oman

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 14 Apr 2021 21:15 WIB
Ketum PSSI Mochamad Iriawan (iwan Bule) bertemu Menpora Zainudin Amali. Pertemuan itu bahas nasib kompetisi sepakbola di Indonesia yang mati suri gegara Corona.
PSSI Konfirmasi Timnas Indonesia Akan Uji Coba Lawan Oman (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta -

PSSI mengonfirmasi kabar uji coba Timnas Indonesia melawan Oman. Pasukan Garuda pun akan mainkan dua uji coba untuk persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sebelumnya, Pelatih Oman Branko Ivankovic mengumumkan rencana timnya beruji coba melawan Timnas Indonesia. Pelatih asal Kroasia menyebut agenda timnya melawan Timnas Indonesia pada 29 Mei.

Pertandingan itu kabarnya akan digelar di Dubai, UEA. Kebetulan Timnas Indonesia memang mau ke UEA untuk memainkan uji coba melawan Afghanistan. Lalu ada juga tiga laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan membenarkan kabar tersebut. Dengan begitu, Timnas Indonesia bakal mainkan dua laga uji coba melawan Afghanistan dan Oman sebelum tampil di Pra-Piala Dunia 2022.

"Komunikasi PSSI dengan beberapa federasi berbuah positif. Setelah Afghanistan yang sudah konfirmasi melakukan uji coba dengan Timnas Indonesia pada 25 Mei mendatang, federasi Oman juga sepakat untuk melakukan uji coba," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam keterangannya.

"Ini tentu menjadi kabar positif sebagai bagian dari persiapan timnas Indonesia untuk menghadapi pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Uni Emirat Arab nanti," ujarnya lagi.

Timnas Indonesia sudah dipastikan tak bisa melaju dari babak kedua Pra-Piala Dunia 2022. Tapi PSSI dan tim pelatih tak mau melepas laga sisa begitu saja.

"Pelatih Shin tae-yong menginginkan setidaknya ada dua laga uji coba sebagai laga pemanasan yang harus dilakoni timnas Indonesia sebelum menghadapi sisa pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia 2022 nanti," kata Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

"Kami sudah berkomunikasi dan sudah konfirmasi jika dua negara ini yang akan bertanding di UEA nanti," ucapnya.

Timnas Indonesia saat ini masih menempati posisi lima di klasemen grup G. Poin maksimal yang bisa diraih Timnas Indonesia adalah sembilan angka dengan catatan menangi semua laga sisa.

Sementara itu, yang lolos ke babak selanjutnya hanya juara grup dan runner-up, yang saat ini diisi oleh Vietnam (11 poin) dan Malaysia (9 poin). Tim asuhan Shin Tae-yong akan melawan Thailand pada 3 Juni, lalu Vietnam 7 Juni, dan terakhir UEA pada 11 Juni.

(aff/raw)