Liga 1 2021 Condong Digelar Terpusat di Jawa

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 01 Mei 2021 18:35 WIB
Logo Liga 1 2020, Logo Liga 1
Liga 1 2021 Condong Digelar Terpusat di Jawa (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Liga 1 2021 kemungkinan akan digelar secara terpusat di Pulau Jawa. PSSI beralasan, ada banyak stadion berkualitas yang layak untuk menjadi tuan rumah.

Gelaran Piala Menpora 2021 yang menggunakan format home tournament menjadi acuannya. Apalagi, gelaran turnamen pramusim itu dianggap sukses digelar.

Untuk saat ini, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) condong memilih lokasi terpusat. Meski sebenarnya hal ini akan didiskusikan terlebih dahulu kepada para klub.

"Sistem kompetisi penuh tapi gelembung (bubble, terpusat). Ini baru wacana yang akan diajukan dan diskusi dengan para manajer klub yang ada," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan kepada wartawan.

"Alangkah baiknya seperti Piala Menpora kemarin, tapi mereka saling bertemu semua. Makanya durasinya kan lama, sampai Maret 2022. tapi karena situasi COVID-19, kita ingin semua selamat," ujarnya menambahkan.

Bisa dibilang, konsep format Liga 1 mendatang mirip dengan seperti yang direncanakan pada lanjutan Liga 2 2020. Saat itu kompetisi direncanakan digelar terpusat di Yogyakarta dan sekitarnya.

Pada perjalanannya, konsep itu berubah dan mengizinkan para klub Jawa untuk bermain di kandangnya masing-masing. Tetapi gagal terlaksana karena kompetisi terpaksa dihentikan lantaran tak mendapat izin penyelenggaraan dari Polri.

"Sarana dan prasarana dipusatkan di Jawa, tapi terus berputar. Misalnya di Jawa Barat, istirahat Jateng, Jatim, Banten. Tergantung mereka dimana saja mendapatkan pertandingannya," ucap Iriawan.

"Ini masukan dari klub-klub juga, clear kan kemarin Piala Menpora bisa ter-cover dimana saja. Kondisi stadion di pulau jawa sudah kita survey yang jelas di Jatim banyak, Jabar lumayan, dan Jateng," tutur Iwan Bule, sapaan akrabnya.

(aff/nds)