Sriwijaya FC Gantikan Dewa United di Piala Wali Kota Solo 2021

Ari Purnomo - Sepakbola
Kamis, 24 Jun 2021 16:32 WIB
Gibran Rakabuming Raka mengungkap Sriwijaya FC menjadi pengganti Dewa United di Piala Wali Kota Solo 2021.
Gibran Rakabuming Raka menggungkap Sriwijaya FC akan menggantikan Dewa United di Piala Wali Kota Solo 2021. (Foto: detikcom/Ari Purnomo)
Solo -

Sriwijaya FC resmi akan ambil bagian di turnamen pramusim Piala Wali Kota Solo 2021. Laskar Wong Kito menggantikan Dewa United yang mengundurkan diri.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang menyampaikan keikutsertaan Sriwijaya FC kepada wartawan usai menghadiri rapat Forkompinda di Makorem 074/Warastratama, Solo, Kamis (24/6/2021).

Mengenai jadwal pertandingan, orang nomor satu di Kota Solo itu mengatakan, sampai saat ini belum ada perubahan dan masih sesuai jadwal sebelumnya yakni 29 Juni-4 Juli.

"Sudah ada gantinya kok, Dewa United sudah diganti Sriwijaya FC. Jadwalnya masih on schedule itu disaksikan di rumah bukan didatangi suporter," ujarnya.

Menurutnya, perkembangan penyebaran COVID-19 memang mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Meski begitu, pihaknya tetap optimis gelaran yang akan dilaksanakan di Stadion Manahan itu bisa terlaksana sesuai rencana yang sudah dibuat

"Kami usahakan bisa digelar sesuai jadwal 29 Juni, wong persiapannya sudah hampir 100 persen," kata Gibran.

"Tidak ada yang nonton. Saya rasa masih bisa dikendalikan (laju penyebaran virus Corona) asal taat prokes," ucapnya.

Kendati begitu, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu tetap akan menunggu instruksi dari Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Kapolda Jateng Irjen Ahmad Lutfi.

Jika nantinya ada perintah agar Piala Wali Kota Solo 2021 dibatalkan atau ditunda maka akan diikutinya.

"Tapi nanti kalau ada instruksi dari Pak Kapolda atau Gubernur untuk menunda atau stop ya saya akan melaksanakan itu," kata Gibran.

Ditanya mengenai ada tidaknya klub lain yang berencana mengikuti langkah Dewa United untuk undur diri dari Piala Wali Kota Solo 2021, Gibran menyampaikan, sampai saat ini seluruh klub yang akan bertanding masih berpendirian sama. Yakni tetap akan ikut ambil bagian dalam ajang tersebut.

"Klub lain belum ada yang mengundurkan diri, mengundurkan diri (Dewa United) ini bukan karena apa-apa, karena mereka sudah ada jadwal ada pertandingan persahabatan, uji coba tidak apa-apa tidak masalah," ungkapnya.

Seperti diketahui, Dewa United memutuskan untuk mundur dari ajang Piala Wali Kota Solo 2021. Salah satu alasannya yakni karena padatnya jadwal sehingga manajemen tidak mau mengambil risiko untuk tetap ambil bagian dalam ajang tersebut.

(cas/nds)