Ukuran dan Gambar Lapangan Sepakbola Lengkap, Sesuai Aturan

fahri zulfikar - Sepakbola
Kamis, 01 Jul 2021 12:37 WIB
LONDON, ENGLAND - MARCH 13: The Premier League Nike Strike match ball is seen on the pitch during the Premier League match between Fulham and Manchester City at Craven Cottage on March 13, 2021 in London, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images)
Ukuran dan Gambar Lapangan Sepakbola Lengkap, Sesuai Aturan. Foto: (Getty Images/Catherine Ivill)
Jakarta -

Lapangan sepakbola menjadi bagian penting dalam permainan tersebut, tentu saja selain adanya bola dan pemainnya. Berikut ukuran dan gambar lapangan bola.

Secara garis besar, ukuran lapangan sepakbola berstandar internasional telah ditentukan oleh federasi sepak bola dunia yakni FIFA. Rinciannya, panjang lapangan sepakbola minimum 100 meter dan maksimum 110 meter serta lebar lapangan sepakbola minimum 64 meter dan maksimum 75 meter.

Lapangan Sepak Bola

  • Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Umum (Nasional)

Dilihat dari bentuknya, lapangan sepakbola berbentuk persegi panjang dengan ditandai garis dan bendera yang dipasang pada tiang dengan tinggi tidak kurang dari 1,5 m dengan ujung yang tidak lancip di setiap sudut lapangan.

Tiang-tiang bendera mungkin juga ditempatkan berlawanan pada garis tengah di setiap sisi lapangan, paling tidak 1 m dari garis sisi.

Adapun gambar dan ukuran lapangan sepakbola adalah sebagai berikut:

Gambar dan Ukuran Lapangan Sepak Bola Lengkap Sesuai AturanUkuran dan gambar Lapangan Sepakbola Lengkap, Sesuai Aturan Foto: Screenshoot

Wajah Lapangan sepak bola Perkumpulan Olahraga Serdang (Pors) Kemayoran kini berbeda. Lapangan yang dulu gersang itu kini dipercantik dan berstandar FIFA lho.Lapangan sepakbola Perkumpulan Olahraga Serdang (Pors) Kemayoran. Foto: Rifkianto Nugroho
Wajah Lapangan sepak bola Perkumpulan Olahraga Serdang (Pors) Kemayoran kini berbeda. Lapangan yang dulu gersang itu kini dipercantik dan berstandar FIFA lho.Lapangan sepakbola Perkumpulan Olahraga Serdang (Pors) Kemayoran, yang sudah dipercantik dan berstandar FIFA. Foto: Rifkianto Nugroho

Keterangan ukuran lapangan Sepakbola:

- Panjang: 90 meter sampai 120 meter

- Lebar: 45 meter sampai 90 meter

- Ukuran radius lingkaran tengah: 9,15 meter

- Diameter lingkaran tengah: 18,30 meter

- Panjang ukuran kotak kiper: 18,3 meter

- Lebar ukuran kotak kiper: 5,5 meter

- Panjang ukuran kotak penalti: 39,2 meter.

- Lebar ukuran kotak penalti: 16,5 meter.

- Panjang Gawang: 7,32 meter.

- Tinggi Gawang: 2,44 meter.

- Jarak Titik penalti dari garis gawang: 11 meter.

  • Ukuran Bola yang Biasa Digunakan di Lapangan Sepakbola

Dalam lapangan sepakbola biasanya digunakan bola yang memiliki ukuran dengan rincian sebagai berikut:

1) Berat bola : 396-453 gram

2) Lingkaran bola: 68-71 cm

COPENHAGEN, DENMARK - JUNE 21: A general view of the Adidas Uniforia match ball on the pitch prior to the UEFA Euro 2020 Championship Group B match between Russia and Denmark at Parken Stadium on June 21, 2021 in Copenhagen, Denmark. (Photo by Stuart Franklin/Getty Images)Adidas Uniforia, bola resmi Euro 2020. Foto: (Getty Images/Stuart Franklin)
  • Jenis Rumput Lapangan Sepakbola

Adapun jenis rumput yang cocok untuk dipakai untuk lapangan sepakbola, dikutip dari laman resmi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), di antaranya:

- Zoysia matrella (ZM)

Rumput ini merupakan jenis rumput yang paling baik untuk digunakan sebagai rumput lapangan sepakbola dan memiliki warna hijau yang paling pekat diantara dua jenis lain.

Tingkat elastisitas (berhubungan dengan bola bergelinding) dan kekuatan akar sangat baik. Tekstur rumput dengan daun yang runcing dan rigiditas yang rapat memastikan bahwa rumput aman terkena pul sepatu.

Balls are placed on the pitch ahead of the Europa League, round of 16, second leg soccer match, between Granada and Molde FK at the Puskas Arena stadium in Budapest, Hungary, Thursday, March 18, 2021. (AP Photo/Laszlo Balogh)Rumput dan bola di Puskas Arena stadium, Budapest, jelang final Liga Europa 2020/2021. Foto: AP/Laszlo Balogh

- Cynodon dactylon (CD)

Rumput jenis CD, biasa disebut rumput bermuda. Kualitasnya hampir sama dengan ZM, namun kekuatan akar rumput CD tidak sekuat rumput ZM. Akar rumput CD akan mudah terkelupas ketika terinjak-injak pemain.

- Axonopus compressus (AC)

Rumput jenis AC, atau sering disebut dengan rumput gajah sering ditemukan di taman atau alun-alun. Rumput ini memiliki perakaran yang baik, namun bentuk daunnya lebih lebar jika dibandingkan dengan dua jenis sebelumnya. Hal ini akan menyebabkan rumput menjadi lebih mudah rusak karena terkena pul sepatu.

Nah, semoga detikers paham ya penjelasan tentang lapangan sepakbola!

(faz/krs)