Urus Izin Liga 1, Ketum PSSI Akan Temui Ketua BNPB dan Luhut

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 27 Jul 2021 21:30 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan sambutan pada acara puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di Puncak Waringin, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (18/6/2021). Kegiatan yang bertajuk Kilau Digital Flobamora itu diharapkan dapat mendukung program pemerintah untuk memulihkan ekonomi dan pariwisata nasional yang terdampak pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.
PSSI Ingin temui Luhut Binsar Pandjaitan (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Jakarta -

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mau menemui Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan, demi Liga 1 2021.

Iriawan akan melobi BNPB dan Luhut agar memberikan izin kompetisi Liga 1 yang mau dijalankan mulai akhir Agustus mendatang. Saat ini nasib Liga 1 tengah menggantung setelah ditunda akibat situasi COVID-19 di Indonesia.

BNPB tak memberikan rekomendasi dan meminta Liga 1 ditunda ke akhir Juli. Menyusul perpanjangan PPKM sampai 25 Juli lalu, PT Liga Indonesia Baru (LIB) pun menunda lagi gelaran Liga 1 ke akhir Agustus.

Kini PPKM diperpanjang lagi sampai 2 Agustus yang membuat Liga 1 makin diragukan. Tingginya kasus COVID-19 belakangan ini menjadi sebabnya. Bahkan, kematian karena COVID-19. Selasa (27/7/2021) hari ini, sejumlah 2.069 orang. Jumlah korban meninggal terbanyak selama pandemi.

Meski demikian, PSSI tetap berencana menggelar kompetisi, Liga 1 dan Liga 2. Iriawan berencana menemui pimpinan BNPB dan Koordinator PPKM.

"Solusinya kami harus komunikasi lagi. Kepala BNPB, Ganip (Warsito) itu kan junior saya, baik sama saya. Beliau sampai nggak enak sama saya, dia bilang bang mohon maaf. Sampai begitu," kata Iriawan di CNN TV.

"Kami setelah ini akan melakukan komunikasi dengan Koordinator PPKM lah, Pak Luhut. Dalam hal ini, saya akan bertemu beliau. Saya tahu, harus jalan sepakbola. Kasihan pemain dan pelatih, padahal tak ada klaster sepakbola di Piala Menpora," ujarnya menambahkan.

Pernyataan itu diucapkan Iriawan setelah ditantang oleh Achsanul Qosasi yang juga menjadi narasumber di CNN TV. Presiden Madura United itu menyarankan PSSI harus segera bergerak untuk memastikan nasib Liga 1.

Iriawan dalam pertemuan nanti mau meminta pengertian BNPB dan Luhut bahwa sepakbola tetap bisa dijalankan di masa pandemi. Gelaran Piala Menpora 2021 serta bergulirnya kompetisi-kompetisi sepakbola di Asia Tenggara akan menjadi bahan diskusinya.

"Jadi tentunya harapan kami nanti apa yang kami sampaikan, pemerintah akan merespons kesulitan kami. Kami akan tagih, janjinya tgl 28 juli setelah akhir Juli lah kira-kira," tutur Iriawan.

"Kami akan menagih ke Pak Ganip, tolong dek keluarkan (izin Liga 1), begitu. Mungkin Pak Achsanul Qosasi bisa juga ikut bantu ke Pak Ganip," ucapnya.



Simak Video "Ikuti Kongres PSSI, Raffi Ahmad dan Kaesang Disambut Hangat Menpora"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/mrp)