Jelang Liga 1, Polda Jabar Ingatkan Suporter Tak ke Stadion

Dony Indra Ramadhan - Sepakbola
Senin, 23 Agu 2021 10:50 WIB
Logo Liga 1
Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom
Bandung -

Polda Jawa Barat turut menyiapkan pengamanan jelang pelaksanaan Liga 1 2021. Polisi juga kembali menegaskan agar suporter atau masyarakat mematuhi larangan ke stadion.

"Untuk pengamanan Liga 1 diarah dari Polres setempat (lokasi stadion). Polda tetap akan mem-backup kalau memang dibutuhkan," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago saat dikonfirmasi, Senin (23/8/2021).

Erdi menyatakan pihak kepolisian di Jabar atau di polres tempat masing-masing digelarnya pertandingan sudah menyiapkan rencana pengamanan apabila pertandingan dilangsungkan. Skema ring akan diterapkan saat pengamanan.

"Di situ pun juga pengamanan sudah dibentuk dalam ring 1,2 dan 3. Artinya dalam kegiatan Liga 1 ini, kita sudah membuat rencana pengamanan yang sesuai SOP kita," kata dia.

Liga 1, yang sejauh ini dijadwalkan bergulir mulai 27 Agustus. rencananya akan digelar tanpa penonton mengingat kondisi pandemi COVID-19 yang masih terjadi. Erdi pun meminta masyarakat atau suporter patuh akan aturan yang sudah ditetapkan oleh Polri.

"Ya, sudah disampaikan dari Pemerintah dan Polres sendiri agar masyarakat tidak masuk ke dalam Stadion, dan menonton dari tempat lain," kata dia.

Begitupun dengan nonton bareng (nobar). Dia mengingatkan agar masyarakat tak melakukan hal-hal yang bisa memicu kerumunan terjadi.

"Sebaiknya nobar juga dihindari karena kondisi masih pandemi dan khususnya di Jabar walaupun sudah menurun tapi kita mengharapkan partisipasi masyarakat agar mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penularan, dalam kondisi seperti ini masyarakat diminta tidak berkumpul, nobar untuk Liga 1 nanti," tutur dia.

(dir/krs)