Daftar 18 Klub Peserta BRI Liga 1 2021

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 25 Agu 2021 19:43 WIB
Logo Liga 1
Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Jakarta -

BRI Liga 1 2021 sudah dapat izin penyelenggaraan dan rencananya mulai bergulir pekan ini. Ke-18 tim pesertanya tak berubah dari Liga 1 2020 yang berhenti di tengah jalan akibat pandemi COVID-19.

Laga perdana akan mempertemukan Bali United melawan Persik Kediri di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada, Jumat (27/8/2021). Lalu Persipura Jayapura melawan Persita Tangerang di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/8).

Terakhir, ada Bhayangkara FC versus Persiraja Banda Aceh di Indomilk Arena, Tangerang pada, Minggu, (29/9). Cuma tiga pertandingan itu saja yang dirilis PT LIB pada H-3 jelang kick off Liga 1, Selasa (25/8).

Berbeda dari biasanya, Liga 1 nantinya akan digelar tanpa kehadiran penonton karena situasi pandemi COVID-19. Tiga laga perdana juga sifatnya uji coba dari pemerintah untuk melihat keampuhan penerapan protokol kesehatan yang disiapkan penyelenggara.

Jika tak ada gangguan, pemerintah baru akan memberikan lampu hijau pertandingan lanjutan Liga 1 lainnya. Kesuksesan tiga laga perdana akan memengaruhi nasib Liga 1 selama semusim ke depan.

Berikut daftar peserta BRI Liga 1 2021:

1. Persiraja Banda Aceh

Berstatus sebagai tim promosi, Persiraja belum banyak bermain di Liga 1 2020 karena kompetisi dihentikan. Skuad mereka pun terutama pilar asingnya satu per satu mengundurkan diri.

Tiga pemain kunci mereka misalnya yakni Assanur Rijal, Miftahul Hamdi, dan Ferry Komul memilih pergi ke Persis Solo. Pemain asingnya juga pergi semua, yakni Adam Mitter, Samir Ayass, Bruno Dybala, dan Vanderlei.

Redi Rusmawan dari Persita Tangerang dan Muhammad Roby dari Arema FC didatangkan sebagai pengganti. Leo Lelis (Brasil), Vanja Markovic (Serbia), Shori Murata (Jepang), dan Paulo Henrique (Brasil) pun berhasil didatangkan untuk mengisi slot pemain asing.

Hendro Susilo tetap menjadi juru taktik tim. Meski cuma berlisensi A AFC, Hendro Susilo diizinkan melatih pada musim 2021 ini.

2. Persita Tangerang

Sama seperti Persiraja, Persita juga berstatus sebagai tim promosi. Berbekal 33 pemain, Persita sudah siap menyambut kompetisi musim 2021.

Empat pemain asing sudah didatangkan. Mereka adalah Adam Mitter (Inggris), Bae Shin-young (Korea Selatan), Harrison Cardoso (Brasil), dan Alex Goncalves (Brasil).

Komposisi itu ditambah dengan pemain-pemain lokal yang pengalamannya lumayan mumpuni. Sebut saja Herwin Saputra, Billy Keraf, hingga Dhika Bayangkara.

Alex Goncalves dipercaya bakal menjadi pemain andalan Persita. Sementara Widodo Cahyono Putro masih dipercayakan manajemen untuk meracik strategi Pendekar Cisadane.

3. Persija Jakarta

Kabar Liga 1 2021 mendapat izin pemerintah menjadi angin segar buat Persija. Macan Kemayoran langsung gerak cepat dengan menggelar latihan lagi sejak 13 Agustus lalu.

Tak hanya itu, Persija juga menyempatkan menggelar beberapa uji coba. Dari internal gim, uji coba kontra Dewa United, hingga sparring dengan PSG Pati.

Aktivitas Persija di bursa transfer terbilang adem ayem. Padahal banyak pemain andalannya dari musim 2020 yang kini sudah cabut.

Evan Dimas menjadi profil besar awal yang meninggalkan Persija dengan bergabung ke Bhayangkara FC. Sandi Sute, Heri Susanto, Alfath Fathier, hingga Marc Klok.

Pemain muda punya peluang besar untuk menggantikan pemain-pemain yang cabut. Ada Taufik Hidayat, Braif Fathari, hingga Rio Fahmi.

Muka baru justru terjadi di posisi pelatih. Eks Asisten Antonio Conte, Angelo Alessio, bakal menangani Marko Simic Cs.

4. Tira Persikabo

Klub yang berkandang di Stadion Pakansari ini menjadi salah satu tim yang tetap rutin berlatih sejak Liga 1 2020 dihentikan. Sang pelatih, Igor Kriushenko, juga masih bertahan.

Jelang Liga 1 2021, Tira Persikabo banyak kehilangan pemain kunci. Mulai dari Wawan Febrianto, Abduh Lestaluhu, hingga Rifad Marasabessy.

Tetapi, manajemen bisa meresponsnya dengan mendatangkan pemain lain meski kualitasnya belum teruji kualitasnya. Manahati Lestusen menjadi salah satu pemain lokal paling berpengalaman yang masih bertahan.

Pilar asing mereka yakni Ciro Alves berpotensi kembali menjadi andalan tim. Slot pemain asing lainnya diisi oleh Veniamin Shumeyko dan Sergey Pushniakov.

5. Persib Bandung

Klub kebanggaan masyarakat Jawa Barat ini melakukan pembenahan menjelang Liga 1 2021. Marc Klok dari Persija serta Mohammed Rashid dari Palestina didatangkan untuk mengisi lini tengah tim.

Selebihnya, skuad Maung Bandung tak banyak mengalami perubahan berarti. Terhitung cuma Gian Zola yang kini dipinjamkan ke Persela Lamongan.

Robert Rene Alberts masih dipercaya untuk menjadi juru taktik tim. Pelatih sarat pengalaman di Liga Indonesia itu memilih setia.

Pelatih asal Belanda itu sebelumnya membawa Persib menjadi runner-up Piala Menpora 2021. Kira-kira hal itu sudah menunjukkan kualitas Alberts sebagai seorang pelatih.

6. Bhayangkara FC

Klub yang kabarnya batal pindah ke Solo ini punya materi pemain yang cukup dalam. Kedatangan Evan Dimas dari Persija makin melengkapi skuad gemuk tim asuhan Paul Munster ini.

Di lini belakang saja misalnya yang diisi Putu Gede Juni Antara, Indra Kahfi, Ruben Sanadi, Hansamu Yama pranata, hingga Anderson Salles. Sementara di lini tengah ada Adam Alis, Evan Dimas, TM Ichsan, Sani Rizki, Muhammad Hargianto, Andik Vermansyah, Arthur Bonai, Renan Silva, Lee Yoo Joon.

Di depan juga tak kalah menteng. Ezechiel N'Douassel masih bertahan. Ia akan bersaing dengan Dendy Sulistyawan dan Osas Saha.

7. PSIS Semarang

Setelah promosi ke Liga 1 pada 2018, PSIS belum banyak membuat gebrakan. Prestasi yang lebih baik pun diusung dalam menyambut musim 2021.

Di tengah semangat itu, Dragan Djukanovic malah mengundurkan diri karena bosan menunggu kepastian Liga 1 yang sempat terus ditunda-tunda. Sang pelatih kini melanjutkan kariernya di Yunani.

Imran Nahumarury pun diangkat sebagai caretaker. Terkait skuad, PSIS tak banyak melakukan perubahan berarti. Trio pemain asing, Wallace Costa, Jonathan Cantillana, dan Bruno Silva, kini ketambahan Brian Ferreira.

PSIS juga diyakini akan mengandalkan pemain-pemain muda. Mulai dari Wahyu Prasetyo, Mahir Radja Satya, Muhammad Ridwan, Alfeandra Dewangga, hingga Pratama Arhan.

[Tim-tim peserta BRI Liga 1 2021 yang selanjutnya, silakan klik halaman berikutnya]