PSSI dan LIB Temui BNPB, Bahas Tiga Laga Liga 1 yang Sudah Bergulir

Randy Prasatya - Sepakbola
Selasa, 31 Agu 2021 05:30 WIB
Persita Tangerang berhasil mengalahkan Persipura Jayapura pada pertandingan BRI Liga 1 2021. Pendekar Cisadane menang tipis 2-1.
Kelanjutan pekan pertama Liga 1 2021 telah dibahas bersama BNPB. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Tiga laga Liga 1 2021 sudah tuntas bergulir. PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) pun menghadap ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Iwan Budianto selaku wakil ketua umum dan Yunus Nusi selaku sekjen menjadi perwakilan dari PSSI yang berkunjung ke kantor BNPB, Senin (30/8/2021) sore WIB. Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, juga ikut menghadap Ganip Warsito selaku kepala BNPB.

PSSI dan LIB bertandang ke kantor BNPB tentu membahas soal Liga 1 2021. Mulai dari evaluasi tiga pertandingan yang sudah berjalan sampai pembahasan laga selanjutnya.

Bali United vs Persik Kediri menjadi laga pembuka Liga 1 2021. Duel itu berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (27/8).

Kemudian disusul dua laga lain, yakni Persipura Jayapura vs Persita Tangerang di Stadion Pakansari, Bogor (28/8), dan Bhayangkara FC vs Persiraja Banda Aceh (30/8) di Tangerang.

Akhmad Hadian Lukita menginformasikan kepada Ganip yang juga menjabat sebagai Ketua Satgas Penanganan Covid-19 terkait penyelenggaraan tiga laga awal Liga 1.

Beberapa informasi tersebut seputar penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan pertandingan sepakbola nasional, di antaranya harus selalu memakai masker dan personel yang terlibat baik itu pelatih, pemain serta panpel harus sudah menjalani vaksin sebanyak dua dosis.

"Kami juga menginformasikan penerapan prokes yang ketat di setiap venue pertandingan. Contohnya, semua yang terlibat wajib tes PCR pada H-1. Kemudian, semua yang masuk ke stadion wajib untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi," terang Akhmad Hadian Lukita dalam rilis LIB yang diterima detikSport.

Penerapan protokol kesehatan kompetisi Liga 1 juga mendapat pendampingan dari Kementerian Kesehatan. Tiga stadion dilakukan peninjauan seperti SUGBK, Stadion Pakansari, dan Stadion Indomilk Arena. Hotel tempat tim menginap juga tak luput untuk ditinjau Kemenkes sehingga maksimal dalam penerapan protokol kesehatan.

Akhmad Hadian Lukita juga menginformasikan perihal kelanjutan pekan pertama Liga 1. Rencana, pertandingan lanjutan akan bergulir mulai 3 September mendatang di beberapa stadion di Jabodetabek.

"Dalam pelaksanaan pertandingan, kami juga memastikan bahwa perimeter dalam area stadion dalam kondisi steril, serta memastikan ketersediaan peralatan kesehatan seperti thermogun dan hand sanitizer bisa digunakan secara maksimal," imbuh Akhmad Hadian Lukita.

Waketum PSSI, Iwan Budianto, juga menjelaskan bahwa saat ini klub-klub peserta Liga 1 2021 sangat siap untuk melanjutkan kompetisi.

"Menyimak perkembangan kondisi dan semangat klub-klub, kami berharap bisa melahirkan kompetisi yang fair, berkualitas, dan menghibur masyarakat Indonesia di tengah situasi pandemi ini," jelas Iwan Budianto.

Sementara itu, Ganip Warsito mendukung laga lanjutan Liga 1 2021 dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

"Kami akan sangat mendukung bergulirnya kembali kompetisi sepakbola profesional di Indonesia," jelas Kepala BNPB, Ganip Warsito.



Simak Video "Ikuti Kongres PSSI, Raffi Ahmad dan Kaesang Disambut Hangat Menpora"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/mrp)