Persela Vs Persiraja: Gian Zola Tentukan Kemenangan Laskar Joko Tingkir

Adhi Prasetya - Sepakbola
Selasa, 28 Sep 2021 17:19 WIB
Gian Zola (kanan) dari Persela Lamongan merayakan golnya ke gawang Persiraja Banda Aceh dalam laga pekan kelima Liga 1 2021/22 yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Selasa (28/9/2021).
Persela berhasil mengalahkan Persiraja lewat gol tunggal Gian Zola. Foto: Rifkianto Nugroho/Detiksport
Cibinong -

Persela Lamongan menjauh dari zona degradasi usai mengalahkan Persiraja Banda Aceh 1-0 di pekan kelima BRI Liga 1 musim ini. Gol tunggal Gian Zola memberi kemenangan bagi Laskar Joko Tingkir.

Bermain di Stadion Pakansari, Selasa (28/9), Persiraja mengancam lebih dahulu di menit ke-3 lewat tendangan bebas Leonardo Silva, tetapi masih bisa diblok kiper Persela, Ravi Murdianto.

Persela balas menekan semenit berselang. Gian Zola melewati penjagaan dua pemain Persiraja di sisi kanan kemudian melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, tetapi melebar di sisi kanan gawang Persiraja.

Hampir saja Persiraja kebobolan di menit ke-5, saat bola yang dikuasai Hamdan Zanzani direbut oleh Ivan Carlos. Namun dalam situasi satu lawan satu, sepakan penyerang Brasil itu diblok kiper Persiraja, Aji Bayu Putra.

Persiraja kembali menekan di menit ke-16. Redi Rusmawan berhasil masuk ke kotak penalti lewat sisi kiri, namun sepakannya melebar di sisi kanan gawang Ravi.

Persiraja harus mengganti Aji di menit ke-19 karena cedera saat berjibaku dengan Ivan Carlos beberapa menit sebelumnya. Fakhrurrazi Quba masuk menggantikannya untuk menjaga gawang Laskar Rencong.

Tekanan Persiraja berlanjut. Muhammad Isa melepaskan tembakan keras jarak dekat di menit ke-24, namun Ravi berhasil menepisnya.

Persela akhirnya berhasil unggul lebih dulu di menit ke-32. Menerima thorugh pass Ahmad Bustomi di kotak penalti, Gian Zola kemudian mengecoh barisan belakang Persiraja lalu melepaskan tembakan yang gagal diselamatkan Fakhrurrazi. Skor 1-0 menutup paruh pertama.

Di babak kedua, Persiraja nyaris mencetak gol cepat di menit ke-46. Sepakan Shori Murata yang memanfaatkan sepak pojok berhasil diblok oleh Ravi. Tiga menit berselang, sepakan Vanja Markovic juga berhasil diamankan Ravi.

Persela gantian membahayakan gawang Persiraja di menit ke-51. Sepakan mendatar Malik Risaldi hampir menjadi gol, namun ditepis oleh Fakhrurrazi.

Persiraja terus berusaha mencari gol. Di menit ke-66, Eeng Supriyadi dengan cerdik mengecoh Birrul Walidain di kotak penalti kemudian melepaskan tembakan keras, namun masih melenceng jauh dari gawang Persela.

Persela balas menekan. Risaldi yang terbebas di depan kotak penalti Persiraja kembali melepaskan tembakan di menit ke-73, tetapi Fakhrurrazi kembali berhasil menepisnya. Tak ada lagi gol tercipta hingga laga usai, dan Persela berhasil mengunci kemenangan 1-0.

Hasil ini mengantarkan Persela naik ke peringkat 9 klasemen sementara Liga 1 dengan 6 poin. Sedangkan Persiraja menempati posisi juru kunci dengan baru mengumpulkan 3 poin.

Susunan pemain

Persela Lamongan: Ravi, Nasir, Zaenuri, Demerson, Birrul, Bustomi, Hermawan (Andri Muliadi 71'), Gian Zola (Ibrahim 70'), Riyatno (Risqki Putra 71'), Ivan Carlos (Revan Joni 80'), Malik Risaldi

Persiraja Banda Aceh: Aji (Fakhrurrazi 19'), Rifaldi, Leo Lelis, Hamdan, Subhan (Supriyadi 52'), Mukhlis (Iftiqar Rizal 65'), Shori, Vanja, Defri (Husnuzhon 65'), Redi, Isa

(adp/aff)