Sport Clinic Penting untuk Sepakbola di Indonesia

Randy Prasatya - Sepakbola
Rabu, 06 Okt 2021 19:07 WIB
Persija Jakarta ditahan imbang Persita Tangerang 1-1 dalam lanjutan Liga 1 2021. Ini menjadi hasil imbang keempat untuk Macan Kemayoran setelah menjalani lima laga.
Sport clinic harus terus berkembang di sepakbola Indonesia. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Perkembangan dunia kesehatan dalam olahraga semakin pesat. Sport Clinic pun kini sudah sangat penting untuk olahraga seperti sepakbola.

Sebelum memulai kompetisi, klub sudah pasti melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap pemainnya. Seperti halnya Persija Jakarta, melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap pemainnya di RS Premier Bintaro.

Diutarakan dr. Taufan Favian Reyhan, Sp.KO spesialis Kedokteran Olahraga RS Premier Bintaro bahwa, Sport Clinic sejatinya juga ditujukan bagi kepentingan para atlit profesional yang ingin berkonsultasi perihal kebugaran dan kesiapan mereka dalam menjalankan kompetisi.

"Misalnya saat sebuah klub olahraga seperti sepakbola ingin mengikuti sebuah kompetisi, mereka bisa melakukan Tes PreCompetition Medical Assesment (PCMA) di Sport Clinic," ujar dr Taufan dalam sebuah webinar Talk to The Expert bertema "A to Z About Sport Clinic

Tes PCMA adalah prosedur pemeriksaan medis standar yang diperkenalkan oleh FIFA. Dengan PCMA, pemain maupun klub sepakbola akan memiliki data kesehatan dan masalah medis yang perlu ditangani atau dicegah sehingga pemain dapat tampil secara optimal dalam musim kompetisi.

Keberadaan Sport Clinic ini, lanjut dr Taufan, juga akan membantu klub saat akan mengontrak seorang atlit, sehingga akan diketahui secara detail kondisi kesehatan sang atlit.

"Kami juga concern pada keberlangsungan prestasi para atlit di Indonesia. Jangan setelah cidera lantas mereka tak lagi bisa berkompetisi. Jadi jika mereka mengalami cedera, maka kami akan mengupayakan untuk mengembalikan performa mereka ke level semua," tambah dr Taufan.

"Selain itu, jika sebelumnya sejumlah klub harus membawa atletnya ke lembaga medis di luar negeri untuk proses pemulihan, kini mereka sudah bisa memanfaatkan jasa lembaga medis yang ada di dalam negeri," tegasnya.



Simak Video "Cedera Saat Olahraga? Begini Cara Tepat Menanganinya"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/adp)