Mengintip Latihan Pertama Elkan Baggott Bareng Timnas Indonesia

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 10 Nov 2021 20:20 WIB
Potret Elkan Baggott latihan bareng timnas Indonesia di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (10/11/2021)
Elkan Baggott jalani latihan bersama timnas Indonesia usai resmi jadi WNI (Foto: detikcom/RIfkianto Nugroho)
Jakarta -

Elkan Baggott telah menjalani latihan pertamanya bersama Timnas Indonesia sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (10/11/2021).

Pemain muda berusia 19 tahun itu langsung menjalani latihan penuh bersama rekan-rekannya yang lain. Materi khusus buat pemain belakang dilalui dengan cukup baik bersama pemain-pemain lain yang seposisi dengannya.

Dalam skema latihan bertahan, Elkan langsung ditempatkan di tim yang diproyeksikan menjadi tim utama. Materi menyambut bola atas hingga memberikan umpan lambung berhasil dijalankan dengan baik.

Karena fisiknya yang tinggi menjulang, Elkan bisa dengan baik menghalau bola-bola atas dalam materi latihan bertahan. Sesekali ia nampak berbincang akrab dengan bek kiri Timnas Indonesia Pratama Arhan. Pemain yang sama-sama mengisi lini belakang itu memang sudah bermain bersama di Timnas Indonesia U-19.

Dalam internal game, pemain kelahiran 2002 juga tampil menonjol. Ia sukses memanfaatkan keunggulan fisiknya dengan baik untuk menutup pergerakan pemain ofensif dari kubu lawan.

Tak ada kesan canggung meski ada banyak pemain senior lainnya dalam tim. Sebut saja Victor Igbonefo yang juga menjadi rekan duetnya dalam latihan untuk pemain belakang.

"Tak ada masalah (kendala bahasa), beberapa rekan ada yang berbicara Bahasa Inggris. Tim pelatih ada juga yang langsung menerjemahkan Bahasa Korea ke Inggris. Oke-oke saja," kata Elkan Baggott seusai latihan.

Secara umum, ia mengaku bahagia bisa memperkuat Timnas Indonesia. Meski itu artinya ia membuang kesempatan untuk memperkuat Timnas Inggris atau Timnas Thailand di masa depan.

"Saya mau mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan setim dan fans yang selalu mendukung saya selama ini. Saya sangat terkesan dibanding dengan di Inggris, di sini ada banyak sekali fans yang memberikan cinta. Pengalaman ini sangat gila. Saya sangat mengapresiasi untuk bisa datang ke sini," ucap Elkan.

Elkan telah resmi menjadi WNI sejak Selasa (9/11). Elkan telah mengantongi Kartu Tanda Penduduk (KTP) setelah mengurus prosesnya di Kantor Ditjen Dukcapil Kemendagri.

Sebenarnya Elkan sudah pernah memperkuat Timnas Indonesia kelompok usia pada pertengahan 2020. Hanya saja saat itu posisinya masih belum berstatus WNI.

(nds/nds)