Babak 8 Besar Liga 2 2021 Digelar dengan Uji Coba Penonton

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 06 Des 2021 15:17 WIB
Liga 2
Babak 8 besar Liga 2 2021 akan menjadi uji coba laga sepakbola dengan penonton. (Foto: detikcom/Muhammad Robbani)
Jakarta -

Babak 8 besar Liga 2 2021 akan digelar dengan uji coba penonton. Kompetisi level 2 ini akan menjadi gelaran sepakbola pertama dengan kehadiran suporter.

Kepastian ini disampaikan Menpora, PSSI, dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam keterangan pers, Senin (6/12/2021). Sebelumnya, rencana menghadirkan penonton ini sebenarnya untuk gelaran Liga 1.

Tapi sama seperti Liga 1, penonton yang nantinya bisa hadir ke stadion adalah mereka yang mendapatkan undangan. Jumlahnya juga tidak banyak alias terbatas.

"Sementara kami akan melakukan uji coba nanti secara khusus dalam pertandingan 8 besar di Liga 2, rencana akan diadakan di Stadion Pakansari dan Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

"Namun tentunya ini baru rencana, tidak dijual dulu kepada umum. Karena kami akan mencoba mematangkan dulu rencana kami soal siapa saja yang ada di stadion," ujarnya menambahkan.

Sementara Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita menjelaskan bahwa pemilihan uji coba penonton di Liga 2 merupakan arahan Menpora Zainudin Amali. Gelaran nanti akan menjadi ajang untuk mengukur kesiapan kompetisi dalam menghadirkan penonton.

Sebelumnya, pemerintah sudah mengizinkan kehadiran penonton untuk event olahraga. PSSI dan PT LIB meresponsnya dengan menyiapkan berbagai skema agar kehadiran penonton tak menimbulkan klaster COVID-19.

"Pandemik yang masih berlangsung itu tentu menjadi pertimbangan utama karena kesehatan masyarakat tetap prioritas," tutur Lukita.

"Protokol kesehatan harus tetap ketat, kami akan menempatkan beberapa orang yang akan menjaga bagaimana flow (penonton saat datang dan keluar). Rencananya ada dua laga dalam sehari, jangan sampai ada cross antar penonton dalam satu laga," ucapnya.

(cas/krs)