Liga 2 2021: Daftar Klub yang Lolos ke 8 Besar dan 4 Tim Terdegradasi

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 02 Des 2021 19:49 WIB
Logo Liga 2
Liga 2 2021: Tim-tim yang lolos 8 besar dan 4 tim yang terdegradasi. (Foto: dok.Internet)
Jakarta -

Sebanyak delapan klub sudah memastikan diri lolos ke babak 8 besar Liga 2 2021. Selain itu, 4 klub juga terdegradasi karena menjadi juru kunci fase grup.

Grup A meloloskan Sriwijaya FC dan PSMS Medan. Grup B Martapura Dewa United dan Rans Cilegon FC. Grup C Persis Solo dan PSIM Yogyakarta. Sementara Grup D Sulut United dan Persiba Balikpapan.

Sementara klub yang terdegradasi adalah KS Tiga Naga, Badak Lampung, Hizbul Wathan, dan Mitra Kukar. Empat klub ini harus rela turun kasta ke Liga 3.

Saat ini PSSI sedang menimbang-nimbang venue 8 besar Liga 2. Koordinasi dengan pemerintah pun dilakukan untuk penentuan venue dan tanggal penyelenggaraan babak 8 besar.

"Minggu depan kemungkinan baru ada kepastian. Babak 8 besar akan digelar di tempat netral, tidak ada tim tuan rumah," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi dalam rilis resmi.

Sebelumnya fase Grup Liga 2 menggunakan format tuan rumah. Grup A di Palembang, Grup B di Jakarta, Grup C di Solo, dan Grup D di Palangkaraya serta Balikpapan.

Liga 2 ditargetkan selesai Desember ini yang artinya jadwal babak 8 besar, semifinal, dan final harus segera ditentukan. Kabarnya Jabodetabek akan dipilih sebagai lokasi babak 8 besar.

Nantinya babak 8 besar akan menggunakan format grup lagi. Sebanyak 8 klub akan dibagi ke dalam dua grup.

Grup A diisi Sriwijaya, Rans Cilegon, Persis Solo, dan Persiba Balikpapan. Grup B diisi PSMS Medan, Dewa United, PSIM, dan Sulut United.

Mereka akan memperutkan empat tiket ke babak semifinal. Cuma tiga klub yang akan promosi ke Liga 1 yakni juara, runner-up, dan tim peraih posisi ketiga.

"Kami juga sampaikan terima kasih kepada panitia pelaksana yang telah bekerja dengan baik. Kami juga mengapresiasi komitmen suporter untuk tak memaksakan diri hadir ke stadion," ujar Yunus Nusi.

8 klub yang lolos ke 8 besar Liga 2:

  1. Sriwijaya FC
  2. PSMS Medan
  3. Martapura Dewa United
  4. Rans Cilegon FC
  5. Persis Solo
  6. PSIM Yogyakarta
  7. Sulut United
  8. Persiba Balikpapan

Fase Grup 8 Besar Liga 2:

Grup A: Sriwijaya, Rans Cilegon, Persis Solo, Persiba Balikpapan

Grup B: PSMS Medan, Dewa United, PSIM , Sulut United

Tim yang terdegradasi: KS Tiga Naga, Badak Lampung, Hizbul Wathan, Mitra Kukar

(cas/aff)