ADVERTISEMENT

Dion Cools Redam Diogo Jota di 2020, Diperdaya Irfan Jaya di 2021

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 20 Des 2021 17:00 WIB
Midtjyllands Belgian defender Dion Cools (L) and Liverpools Portuguese striker Diogo Jota vie for the ball during the UEFA Champions League Group D football match FC Midtjylland v Liverpool FC in Herning, Denmark on December 9, 2020. (Photo by Bo Amstrup / Ritzau Scanpix / AFP) / Denmark OUT
Dion Cools Vs Diogo Jota. (Foto: AFP/BO AMSTRUP)
Jakarta -

Desember tahun lalu, Dion Cools tampil cukup oke dalam meredam Diogo Jota. Desember tahun ini, Cools diperdaya Irfan Jaya.

Cools adalah bintang yang dinantikan Malaysia di Piala AFF 2020 ini karena pengalamannya di kompetisi sepakbola Eropa. Apalagi, pemain asal klub FC Midtjylland itu pun sudah tampil di ajang seperti Liga Champions atau Liga Europa.

Pemain bertahan 25 tahun yang punya nama lengkap Dion Johan Chai Cools itu bahkan cukup mencuri perhatian pada bulan Desember 2020 lalu, ketika main lawan Liverpool di Liga Champions.

Pada laga 9 Desember 2020 ketika itu, Midtjylland ketinggalan lebih dulu dari gol Mohamed Salah. Tapi Midtjylland berhasil membalas untuk bikin skor akhir jadi 1-1 walaupun tetap harus finis sebagai juru kunci grup.

Nah, di laga tahun lalu itu Dion Cools jadi pilihan dalam mengawal sisi kanan belakang Midtjylland. Ia banyak berhadapan dengan penyerang sayap sisi kiri Liverpool, Diogo Jota.

Dalam posisi tersebut, Cools pun beberapa kali berhadapan langsung dengan Jota sebelum pemain Liverpool itu ditarik keluar di menit ke-87 untuk digantikan Sadio Mane. Dion Cools sendiri, yang bermain penuh, mencatatkan 3 tekel dan 2 sapuan menurut data Whoscored. Sky Sports memberi ponten 7 atas penampilannya lawan Liverpool di Desember 2020.

Sebelum membela Midtjylland, Dion Cools sudah kenyang pengalaman bermain di Liga Champions bersama klub terdahulunya, Club Bruges. Bersama klub Belgia itu ia pernah tampil melawan klub-klub top seperti Manchester United, Porto, AS Monaco, Borussia Dortmund, hingga Real Madrid.

REIMS, FRANCE - AUGUST 15: Dion Cools of FC Midtjylland warms up before the friendly match between Reims and FC Midtjylland at Stade Auguste Delaune on August 15, 2020 in Reims, France. (Photo by Aurelien Meunier/Getty Images for FC Midtjylland )Dion Cools bersama FC Midtjylland. Foto: Getty Images for FC Midtjylland/AurelienMeunier2019

Performa Dion Cools di Desember 2021, Tadi Malam

Dengan pengalamannya itu, diharapkan Dion Cools bisa menjadi penambah suntikan buat Malaysia di Piala AFF. Sayang ia tak bisa bergabung dari awal bersama rekan-rekannya mengingat agenda Piala AFF berbarengan dengan kompetisi di Eropa.

Ia baru bisa tampil saat Malaysia jumpa Timnas Indonesia, Minggu (19/12) malam WIB. Debutnya di Piala AFF langsung berakhir pahit karena Malaysia kalah telak dengan kebobolan empat gol.

Irfan Jaya, yang sempat membuat blunder sehingga Malaysia mencetak gol dan unggul lebih dulu, membayar kesalahannya dengan mencetak 2 gol. Timnas Indonesia pun berbalik unggul 2-1 saat half time.

Gol pertama Irfan Jaya tak lepas dari kegagalan Dion Cools gagal menjaga pergerakannya. Hal itu membuat Irfan leluasa mencetak gol pertamanya saat menerima umpan cut-back dari Witan Sulaeman. Sementara pada gol kedua ia lebih dulu terkecoh Pratama Arhan, yang mengirim bola ke tiang jauh untuk disambar Irfan Jaya guna mencetak gol kedua.

Timnas Indonesia menambah dua gol lagi via tendangan cantik Pratama Arhan dan sundulan Elkan Baggott. Timnas Indonesia menang meyakinkan dan Dion Cools langsung angkat koper bersama Malaysia dari Piala AFF. Buat Cools, debutnya di Piala AFF pada bulan Desember 2021 ini bisa dibilang jauh dari kata berkesan.

"Secara umum, Dion Cools bermain baik dan memberikan kemampuannya untuk tim. Sepakbola bukan cuma dia sendiri, harus bersama. Kami tak bisa bergantung 100 persen dengannya," kata pelatih Malaysia Tan Cheng Hoe membela penampilan Dion Cools saat memberikan keterangan pers seusai laga.

"Cools membuat kami stabil dan termotivasi. Tapi disayangkan kami kebobolan banyak gol melawan Timnas Indonesia," ujarnya.

(krs/adp)

ADVERTISEMENT