Timnas Berencana Uji Coba di Bali, PSSI Bidik Bangladesh dan Brunei

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 05 Jan 2022 14:17 WIB
SINGAPORE, SINGAPORE - JANUARY 01: (L-R) Ramai Melvin Rumakiek #20, Asnawi Mangkualam Bahar #14 and Pratama Arhan Alif Rifai #12 of Indonesia celebrate a goal by teammate Ricky Richardo Kambuaya #15 (not pictured) against Thailand in the first half during the second leg of the AFF Suzuki Cup final at the National Stadium on January 01, 2022 in Singapore. (Photo by Yong Teck Lim/Getty Images)
Timnas Indonesia berencana beruji coba di Bali. ( di Foto: Getty Images/Yong Teck Lim)
Jakarta -

Timnas Indonesia akan memanfaatkan FIFA Matchday untuk menggelar laga uji coba di Bali. Sejauh ini PSSI sudah membidik 2 negara yakni Bangladesh dan Brunei.

FIFA Matchday atau jeda internasional pertama tahun 2022 akan jatuh pada 24 Januari hingga 2 Februari. Setiap tim bisa menggelar dua laga uji coba dalam periode jeda internasional.

PSSI kali ini tak mau menyia-nyiakan jeda internasional lagi tanpa menggelar uji coba. Penambahan poin dari uji coba bisa bermanfaat agar Timnas Indonesia mendapat pot yang lebih baik di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia menjadi salah satu peserta Kualifikasi Piala Asia ini setelah mengalahkan Taiwan dengan agregat 5-1 pada babak playoff. Mengacu ranking FIFA terkini, Pasukan Garuda ditempatkan di pot 4 untuk pengundian fase grup.

Adapun Bangladesh dan Brunei yang dipilih PSSI untuk uji coba, levelnya terbilang berada di bawah Indonesia. Meski begitu, PSSI juga mengaku sempat mengincar negara kuat dari Asia Tengah.

"Ya benar untuk Bangladesh dan Brunei Darussalam. Tapi Tajikistan batal karena mereka belum punya pelatih untuk tim seniornya," kata Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri kepada wartawan.

Menariknya, PSSI kini memilih Bali sebagai lokasi laga uji coba. Sebelumnya, Timnas Indonesia lebih banyak memainkan laga-laganya di Jakarta atau di kota-kota Jawa lainnya.

Pemilihan Bali tak lepas dari gelaran BRI Liga 1 2021 yang digelar di sana. Kalau memilih lokasi lain, akan sulit buat PSSI mengatur perpindahan pemain Timnas di masa pandemi COVID-19.

"Itu arahan dari ketua umum (Mochamad Iriawan), karena kebetulan juga kan semua pemain di Bali. Jadi kami juga memilih melaksanakan pertandingan di Bali," ujar Indra Sjafri.

(cas/yna)