Ricky Kambuaya Ungkap Kesan Tak Terlupa Dilatih Shin Tae-yong

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 15 Jan 2022 22:45 WIB
Ricky Kambuaya
Ricky Kambuaya bersama Timnas Indonesia. (Foto: dok PSSI)
Jakarta -

Gelandang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya, berbagi kesan soal Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu diakuinya memberi banyak hal positif buat pemain.

Ricky Kambuaya menjelma menjadi pemain penting Timnas Indonesia era Shin Tae-yong. Kini Ricky Kambuaya dianggap salah satu gelandang terbaik Tanah Air setelah penampilan ciamiknya di Piala AFF 2020.

Kepercayaan yang diberikan Shin Tae-yong dibayar Ricky Kambuaya dengan permainan atraktifnya bersama Timnas Indonesia. Pemain Persebaya Surabaya itu mengaku banyak pelajaran yang dipetik selama diasuh Shin Tae-yong.

"Kalau saya pribadi Shin Tae-yong bagus soal ketegasan. Ketegasan coach Shin Tae-yong ini yang saya mau ambil dari dia. Soalnya beliau tegas. Orangnya disiplin waktu, disiplin semuanya ya," kata Ricky Kambuaya, dikutip dari saluran Youtube PSSI.

"Saya pikir itu penting, apalagi untuk kami pemain sepakbola yang sedang berkembang saat ini. Itu sangat penting untuk buat kami," ujarnya menambahkan.

Shin Tae-yong diperkenalkan PSSI menjadi pelatih baru Timnas Indonesia pada Desember 2019. Dalam beberapa kesempatan, eks pemain sekaligus pelatih Seongnam Ilhwa Chunma itu menyebut sepakbola Indonesia perlu melakukan berbagai pembenahan.

Perbaikan tersebut mulai dari pembangunan infrastruktur, pengembangan fisik pemain, kedisiplinan pemain, mental bertanding, hingga pembinaan usia muda. Shin Tae-yong meyakini hal-hal di atas sebagai fondasi dasar pengembangan sepakbola Indonesia ke arah yang lebih baik.

Jelas hal itu akan memakan waktu panjang dan tak cukup dilakukan di era Shin Tae-yong yang dikontrak empat tahun oleh PSSI. Tapi, pelan-pelan Shin Tae-yong sudah menerapkan nilai-nilai itu ke pemainnya di Timnas Indonesia.

Ricky Kambuaya sudah merasakan hal itu sejak dipanggil Timnas Indonesia mulai 2021. Shin Tae-yong pertama kali memberikan debut buat Ricky Kambuaya pada play-off Piala Asia 2023 melawan Taiwan.

Setelahnya, pemain kelahiran 1996 ini terus disertakan dalam agenda-agenda Timnas Indonesia. Teranyar, Ricky Kambuaya tak tergantikan di lini tengah Timnas Indonesia dengan selalu tampil dalam 8 laga yang dimainkan Garuda di Piala AFF 2020.

"Saya melihat ketegasan coach Shin Tae-yong, cara dia melatih, soal stamina yang masih kurang harus ditambah, dorongan kemauan untuk jangan sampai menyerah," tutur Ricky Kambuaya.

"Lalu kami harus berjuang walaupun sudah sampai titik terendah lah. Beliau selalu memaksa kami harus berusaha berjuang terus. Itu yang saya suka, senangnya di situ," ucap eks pemain PSS Sleman soal kesan dilatih Shin Tae-yong.



Simak Video "Shin Tae-yong Dapat Hadiah Dua Mobil Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/aff)