Aksi La Grande Indonesia Dukung Shin Tae-yong Lewat Pamflet

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 18 Jan 2022 16:04 WIB
Shin Tae-yong
La Grande Indonesia mengungkap alasan memberi dukungan ke Shin Tae-yong lewat pamflet. (Foto: dok. La Grande Indonesia)
Jakarta -

Kelompok suporter Timnas Indonesia, La Grande Indonesia, melakukan aksi mendukung Shin Tae-yong. Pamflet dengan pesan #STYStay dan #HarunaOut terpasang di jalanan.

Pernyataan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Haruna Soemitro terus mendapat kecaman. Proses yang sedang dibangun Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia disebut tiada artinya.

Haruna mengacu ke kegagalan Timnas Indonesia yang lagi-lagi hanya menjadi runner-up Piala AFF 2020. Bagi Haruna, keberhasilan hanya diukur dari prestasi.

Ucapan Haruna mendapat reaksi keras dari berbagai pecinta Timnas Indonesia. Salah satunya La Grande Indonesia yang memilih aksi kreatif untuk menunjukkan dukungan mereka ke Shin Tae-yong.

Lewat akun media sosialnya, La Grande membagikan desain dukungan kepada Shin Tae-yong dan kecaman terhadap Haruna. Desain yang dibagikan itu bisa dicetak oleh siapapun yang mau ikut memberikan dukungan buat Shin Tae-yong.

"Sebenarnya kalau digital, beliau (Shin Tae-yong) juga pasti melihat. Kenapa cetak? karena terasa old school walau agak sedikit vandalisme ya. Kami mempertimbangkan generasi-generasi bapak-bapak kita yang di rumah, generasi di atas yang akrabnya sama dunia analog," kata Divisi Komunikasi La Grande Indonesia Ilham Sukrai Harahap saat dihubungi detikSport.

"Sedikit-sedikit masyarakat juga bisa lebih kenal (Timnas Indonesia). Karena kalau di media sosial kan sudah biasa ada tagar #prayfor, kalau print-out ya lebih old school saja. Dan itu bisa dilakukan di seluruh Indonesia. Tak perlu izin (dari La Grande).

Dari foto yang beredar di media sosial, pamplet buatan La Grande Indonesia sudah terpasang di berbagai titik di Jakarta. Bukan hanya di ibu kota, pamflet juga sudah terpasang di kota-kota besar lainnya.

La Grande Indonesia sendiri punya tempat sasaran yang dirasa bakal membuat aksi ini efektif. Sebagaimana diketahui, lanjutan BRI Liga 1 2021 dan agenda uji coba Timnas Indonesia digelar di Bali.

"Banyak yang sudah terpasang, cuma belum difoto saja. La Grande sendiri kan sudah ada beberapa wilayah yang sudah resmi seperti di Lampung, Palembang, Surabaya, Bali," tutur Ilham.

"Mungkin nanti ada rencana (pasang pamflet) di Bali karena liga dan Coach Shin atau beberapa anggota Exco juga lagi di Bali. Sedang direncanakan," ucapnya.

Selain mendukung Shin Tae-yong, La Grande Indonesia juga memuat pesan-pesan kritikan terhadap Haruna. Kelompok suporter yang eksis sejak 2011 itu menyebut ucapan Haruna soal Shin Tae-yong tak elok. Simak di halaman berikutnya!