Segini Harga 1 Set VAR 'Low Budget' yang Dipakai di Liga 3

Whisnu Pradana - Sepakbola
Kamis, 20 Jan 2022 20:40 WIB
Doni Setiabudi
Doni Setiabudi sosok di balik penggunaan VAR di Liga 3. (Foto: dok.Instagram @a_7alu)
Bandung -

Video Assistant Referee (VAR) 'low budget' digunakan di Liga 3 2022. Berapa harga satu set VAR yang dipakai di Liga 3 Seri 2 Jabar itu?

VAR digunakan pada laga Persikabbar vs Bandung Barat United, di Lapangan Sabilulungan, Kabupaten Bandung. Namun, jangan bayangkan VAR yang dipakai pada pertandingan Liga 3 di Indonesia secanggih yang diterapkan pada pertandingan sepak bola di Liga Inggris, Liga Italia, maupun liga lain di luar Indonesia.

Person in Charge (PIC) Liga 3 Seri 2 Jawa Barat, Doni Setiabudi, mengatakan satu set VAR yang dipakai dalam pertandingan di Jawa Barat hanya senilai Rp 100 juta.

"Kalau di kita, 1 set hanya Rp 100 jutaan makanya disebutnya VAR 'Low Budget'. Beda lagi dengan VAR yang dipakai FIFA, itu kan 1 setnya mencapai Rp 9 miliar," kata pria yang karib disapa Kang Jalu itu saat dihubungi detikcom, Kamis (20/1/2022).

Nominal Rp 100 juta yang dikeluarkan untuk VAR 'Low Budget' digunakan dalam setiap pertandingan. Meski begitu, kata Jalu, tidak terlalu membebani keuangan tim yang berlaga di Liga 3 Seri 2 Jawa Barat.

"Saya kira tim masih sanggup dengan nominal segitu. Harga Rp 100 juta itu terdiri dari 3 kamera utama, 4 sampai 6 monitor, 1 televisi untuk wasit, plus tambahan kabel DVR dan peralatan lainnya. Harga kameranya juga rata-rata Rp 25 jutaan," kata Jalu.

Kendati low budget, namun fungsi dari VAR tersebut tak berbeda jauh dengan VAR yang digunakan oleh FIFA. Tujuannya yakni membantu wasit mengambil keputusan sehingga tidak memicu kontroversi.

"Tetapi secara fungsi ya hampir sama. Esensinya kan menunjukkan replay ulang untuk mengecek dan pengambilan keputusan oleh wasit," kata Jalu.



Simak Video "Kekecewaan Prilly Latuconsina Terhadap Wasit di Liga 3 Sudah Terbayar "
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)