Timnas Indonesia Vs Timor Leste, Ajang Seleksi buat Piala AFF U-23

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 26 Jan 2022 17:53 WIB
Shin Tae-yong dalam Konferensi pers Timnas Indonesia jelang laga uji coba melawan Timor Leste di Trans Hotel Seminyak
Shin Tae-yong menjadikan ujia coba Indonesia dengan Timor Leste untuk seleksi Piala AFF U-23 2022. (Foto: Sui Suadnyana/detikcom)
Jakarta -

Uji coba Timnas Indonesia melawan Timor Leste menjadi ajang pemilihan pemain buat Piala AFF U-23 2022. Shin Tae-yong akan menyaring pemain dalam dua uji coba.

Timnas Indonesia akan melawan Timor Leste pada jeda internasional atau FIFA Matchday. Pertandingan akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada 27 dan 30 Januari.

Ada 27 pemain yang dipanggil dengan mayoritas skuadnya diisi oleh pemain-pemain muda. Beberapa di antaranya adalah Alfeandra Dewangga, Elkan Baggott, Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, Ramai Rumakiek, hingga Ronaldo Kwateh.

Tapi tak ada pemain-pemain yang berkarier di luar negeri seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam, dan Elkan Baggott. Nama terakhir sebenarnya dipanggil, tetapi tak dilepas klubnya Ipswich Town.

"Empat pemain itu sangat berpengaruh kehadirannya di Timnas Indonesia. Sampai Piala AFF kemarin mereka yang terbaik dan pemain inti," kata Shin Tae-yong saat memberikan keterangan pers, Rabu (26/1/2022).

"Kalau bicara pengaruh mungkin setengah dari tim kami. Jadi untuk Piala AFF U-23 kami harus melihat nanti bagaimana. Untuk dapat prestasi terbaik saya dan pemain akan bekerja keras mempersiapkannya dengan baik," ujarnya menambahkan.

Menariknya, Shin Tae-yong juga mempromosikan pemain-pemain muda yang masih remaja. Mereka adalah Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh yang juga disiapkan untuk Piala AFF U-23.

Tapi Shin Tae-yong ogah memberikan rencananya soal peluang bermain keduanya pada laga nanti. Ia memilih merahasiakan pemilihan pemain demi alasan rahasia strategi.

"Memang buat wartawan akan menarik memuat pernyataan pelatih kepala memberitahu siapa yang akan diturunkan dan dimainkan untuk membuat artikel," tutur Shin Tae-yong.

"Tapi dari pihak pelatih sangat hati-hati karena sama saja memberitahukan taktik kami kepada lawan. Untuk ini saya minta maaf tak bisa memberitahukannya," ucapnya.

Piala AFF U-23 akan digelar pada 14-26 Februari di Kamboja. Timnas U-23 masuk Grup B bersama Malaysia, Myanmar, dan Laos.

(cas/ran)