Menpora Persilakan Liga dengan Kapasitas Penonton 100 Persen, Asal...

Mercy Raya - Sepakbola
Rabu, 27 Apr 2022 12:30 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyampaikan keterangan pers menjelang pertandingan terakhir Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (31/3/2022). Menpora Zainudin Amali mengapresiasi suksesnya pelaksanaan Liga 1 2021/2022 pada masa pandemi COVID-19 dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.
Menpora Zainudin Amali persilakan kapasitas stadion diisi penuh 100 persen. (Foto: ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)
Jakarta -

Menpora Zainudin Amali mempersilakan kompetisi Liga 1 musim depan digelar dengan penonton, termasuk dengan kapasitas stadion 100 persen. Amali memberi arahan.

Hal itu disampaikan politikus Golkar itu menyusul adanya keinginan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) menghadirkan penonton ke tribune dengan kapasitas penuh. Liga 1 musim lalu digelar tanpa adanya kehadiran penonton.

"Sebenarnya pemerintah sudah menyampaikan kepada pengelola liga ya, baik itu kompetisi sepakbola, basket dan voli silakan saja menghadirkan penonton ya," kata Amali ketika ditemui di Hall Basket, Senayan, Selasa (26/4/2022), usai tinjauan Pelatnas menuju SEA Games.

"Jadi kalau LIB, IBL (Indonesia Basketball League), dan Proliga mau menghadirkan penonton kita tidak ada masalah," kata Amali menambahkan.

Namun, Amali mengingatkan agar penyelenggara lebih dulu melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti Kepolisian, Satgas COVID-19, seperti saat Liga akan digelar dalam masa pandemi.

"Jadi saya tidak ada masalah yang penting bagaimana menjaga Prokes," ujarnya.

Adapun syarat untuk menghadirkan penonton salah satunya sudah harus booster. Hal itu pun pernah diterapkan IBL pada musim lalu. Kondisi serupa itu pun diharapkan Menpora dapat diterapkan pada Liga 1 yang rencananya bergulir 27 Juli mendatang.

"Oh iya kan pasti itu (booster). Salah satu peserta rapat kan dari Kemenkes dan Pak Ketua Umum Perbasi (Danny Kosasi) sudah mengalami bagaimana ditanya persiapan waktu mau memulai IBL. Kan yang memulai itu kan basket ada penonton. Alhamdulillah sukses tidak ada klaster," kata Amali.

Sepakbola sendiri dengan menghadirkan penonton pernah dilakukan saat Timnas Indonesia pada saat uji coba melawan Timor Leste pada 27 dan 30 Januari lalu.



Simak Video "Menpora Ingin RI Juara ASEAN Para Games"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)