Ramdani Lestaluhu Cabut, Ikon Persija Kembali Berkurang

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 09 Mei 2022 18:00 WIB
Ramdani Lestaluhu dan Ismed Sofyan, persija jakarta
Persija Jakarta ditinggal Ramdani Lestaluhu. (Foto: dok. Persija Jakarta)
Jakarta -

Ramdani Lestaluhu memutuskan meninggalkan Persija Jakarta. Ikon klub yang dikenal loyal kini tinggal menyisakan Andritany Ardhiyasa dan Ismed Sofyan.

Kontrak Ramdani sebenarnya belum berakhir, tapi sang pemain memilih menyudahinya lebih cepat. Sebelum cabut, Ramdani sempat dipinjamkan ke PSS Sleman.

Kepergian Ramdani menandai berakhirnya kebersamaan kedua pihak selama hampir 15 tahun. Ramdani pertama kali memperkuat Persija pada 2007 saat usianya masih 15 tahun 9 bulan.

Sampai saat ini Ramdani masih memegang rekor sebagai pemain termuda yang debut di era Liga Indonesia. Sejak debut bersejarah itu, Ramdani menghabiskan sebagian besar kariernya bersama Persija.

Ia sempat meninggalkan Persija dengan bergabung ke Sriwijaya FC pada 2013. Saat itu Persija memang sedang krisis, dengan beberapa pemain gajinya ditunggak oleh klub.

Tapi Ramdani kemudian kembali ke Persija pada 2014 dan terus bertahan di ibu kota. Pemain asal Tulehu itu menjadi salah satu ikon klub yang identik dengan Persija.

Di masa-masa itu, Persija banyak diperkuat pemain yang menjadi kebanggaan klub. Selain Ramdani, ada juga Bambang Pamungkas, Andritany, hingga Ismed Sofyan.

Liga 1 2018 menjadi puncak kejayaan keempatnya bersama Persija yang mereka antar menjadi juara. Mereka berempat punya kontribusi dalam membawa Persija menjadi juara Liga 1 2018.

Selepas itu, Persija mulai meredup dengan cuma mengakhir Liga 1 2019 di posisi ke-10. Kemudian Bambang Pamungkas memilih pensiun seusai akhir Liga 1 2019.

Praktis ikon Persija tinggal Ramdani, Andritany, dan Ismed Sofyan. Belakangan Ismed Sofyan mulai terpinggirkan setelah kehadiran Marco Motta dan kemunculan Ilham Rio Fahmi.

Ismed Sofyan bahkan tak sekalipun diberikan kesempatan tampil musim lalu. Sementara Ramdani Lestaluhu cuma mencatat lima penampilan, sehingga akhirnya dipinjamkan ke PSS pada putaran kedua.

Meredupnya Persija berlangsung bersamaan dengan usia para ikonnya yang mulai dimakan usia. Klub sepakbola tak melulu bicara masalah teknis, sosok yang dihormati di ruang ganti juga begitu penting.

Ismed Sofyan kemungkinan akan pergi setelah tak dapat menit bermain musim lalu. Jika terjadi, maka Persija nanti hanya punya Andritany sebagai ikon klub.

Tugas berat dipastikan akan dipukul oleh Andritany yang kini menjadi kapten dan salah satu pemain paling senior di Persija. Sementara manajemen mau klub bangkit di Liga 1 2022, salah satu langkah strategis yang sudah diambil Persija adalah mendatangkan eks Manajer Borussia Dortmund yakni Thomas Doll.

(cas/krs)