Kongres PSSI Dibuka, Ibul Sampaikan Terima Kasih ke Pemerintah

ADVERTISEMENT

Kongres PSSI Dibuka, Ibul Sampaikan Terima Kasih ke Pemerintah

Randy Prasatya - Sepakbola
Senin, 30 Mei 2022 15:01 WIB
Kongres Biasa PSSI 2022
Kongres Biasa PSSI 2022 digelar di Bandung. (Foto: detikcom/Randy Prasatya)
Jakarta -

Kongres Biasa PSSI 2022 telah dibuka. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah karena kompetisi bisa berjalan lagi di tengah pandemi.

Kongres Biasa PSSI Tahun 2022 berlangsung di The Trans Luxury Hotel, Bandung, Senin (30/5). Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, masuk ke ballroom bersama Kemenpora, Zainudin Amali, sekitar pukul 13.47 WIB.

Turut hadir pula Niko Nhouvannasak (FIFA Regional Office Development Coordinator-Southeast Asia), Nhodkeo Phawadee (AFC Head of ASEAN Unit Member Association Division), Maj Gen Khiev Sameth (AFF President), dan General Secretary AFF Winston Lee.

Kongres Biasa PSSI 2022, Ketua Umum PSSI, Mochamad IriawanKetua Umum PSSI Mochamad Iriawan menghadiri Kongres Biasa PSSI 2022. Foto: detikcom/Randy Prasatya

Perwakilan dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) juga datang dalam Kongres Biasa PSSI 2022. Kemudian ada utusan dari KONI dan KOI.

"Kita tahu dalam dua tahun terakhir karena pandemi COVID-19, PSSI tidak bisa menyelenggarakan program. Namun, di tahun lalu yang tepatnya pada Maret, kami bisa menggelar kompetisi yang diawali turnamen pramusim Piala Menpora dan selanjutnya diikuti dengan kompetisi Liga 1, Liga 2, Liga 3, Piala Soeratin, Elit Pro Academy, Piala Pertiwi, sepak bola pantai, dan kegiatan Esports," kata Iriawan dalam sambutannya.

"Dukungan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melalui Mepora Zainudin Amali, yang sangat luar biasa perhatian terhadap PSSI. Timnas bahkan bisa melakukan pemusatan latihan di dalam negara dan luar negeri. Kalau tidak ada dukungan dari pemerintah, sulit untuk PSSI melaksanakannya," pria yang akrab disapa Iwan Bule itu melanjutkan.

Ada enam poin dalam agenda kongres tahun ini, yang mencakup laporan kegiatan PSSI di tahun 2021, laporan hasil audit keuangan PSSI tahun 2019, 2020, dan laporan keuangan tahun 2021.

Setelah tuntas menyampaikan berbagai laporan dari beberapa tahun lalu, PSSI dalam kongres ini menjabarkan rencana program di tahun 2022, rencana anggaran 2022, dan pengesahan auditor independen keuangan tahun 2022.

Ada pula penerimaan, pemberhentian, serta perubahan nama dan domisili anggota. Ada kemungkinan besar perubahan nama ini menyangkut Tira Persikabo dan PS Pati.

(ran/raw)