ADVERTISEMENT

RANS Nusantara Pilih Stadion Pakansari buat Liga 1 2022

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 22 Jun 2022 21:20 WIB
Pertandingan Rans Nusantara FC lawan PS Barito putera berakhir imbang 1-1.
Pertandingan Rans Nusantara FC lawan PS Barito Putera. Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

RANS Nusantara FC mengajukan Stadion Pakansari sebagai kandangnya di Liga 1 2022. RANS akan berbagi stadion dengan klub lain.

Sebelumnya RANS sempat dikabarkan akan memilih Stadion Madya di Jakarta. Tapi stadion yang terletak di kompleks Gelora Bung Karno itu untuk sementara waktu tak bisa digunakan klub Liga 1.

Sementara RANS tampaknya tak mau jauh-jauh dari kawasan Jabodetabek. Maka dipilih-lah Stadion Pakansari di Kabupaten Bogor untuk menjadi lokasi partai kandang mereka.

"RANS Nusantara FC kemungkinan akan memakai Stadion Pakansari. Kami tidak jadi menggunakan Stadion Madya karena sedang persiapan Piala Dunia U-20 2023," kata Presiden RANS Roofi Ardian.

"Kami pilih Stadion Pakansari karena kami cari yang mobilitasnya tidak susah. Jadi kami cari stadion yang aksesnya enak dan bisa kami kunjungi," ujarnya.

Dengan begitu, RANS akan berbagi kandang dengan Persikabo 1973 yang sudah lebih dulu bermukim di Stadion Pakansari sejak Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016.

RANS kemungkinan akan terus menjadi tim nomaden sampai stadion mereka selesai dibangun, yang rencananya akan berdiri di Kawasan Pantai Indah Kapuk.

Profil Singkat RANS Nusantara FC

RANS adalah klub milik Raffi Ahmad yang membeli lisensi dari Cilegon United. Saat dibeli, Cilegon United masih bermain di Liga 2, lalu diubah namanya menjadi RANS Cilegon.

Dengan nama RANS Cilegon, klub ini promosi ke Liga 1 2022 setelah menjadi runner-up Liga 2 2021. Baru-baru ini RANS diubah lagi namanya di Kongres PSSI 2022 menjadi RANS Nusantara, sekaligus meninggalkan identitasnya sebagai klub asal Cilegon.

Sebelum menjadi RANS Nusantara, COO klub Darius Sinathrya pernah menyebut bahwa klubnya mengincar basis suporter dari seluruh Indonesia. Sehingga itu yang mungkin melatarbelakangi pemilihan nama RANS Nusantara.

Bisa dibilang, langkah ini terbilang unik karena RANS mungkin menjadi satu-satunya klub tanpa identitas kedaerahan. Soal strategi ini bakal sukses atau gagal total, cuma waktu yang akan menjawab.

(krs/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT