ADVERTISEMENT

Jordi Amat Jelaskan Keputusannya Gabung Klub Malaysia JDT

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Rabu, 29 Jun 2022 19:20 WIB
Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Jordi Amat, dalam sesi tanya jawab wartawan di Jakarta, Kamis 26 Mei 2022.
Jordi Amat gabung Johor Darul Takzim (JDT). (Foto: Muhammad Robbani/detikcom)
Jakarta -

Keputusan Jordi Amat gabung klub Malaysia Johor Dahrul Takzim (JDT) disorot publik Indonesia. Ia menjelaskan latar belakang keputusannya memilih JDT.

Jordi Amat seperti diketahui telah resmi bergabung klub Malaysia JDT pada Rabu (29/6/2022) sore WIB. Hal ini menuai banyak respons negatif dari penggemar sepakbola Indonesia.

JDT dianggap menikmati keuntungan dari status WNI Jordi Amat, sehingga bisa mendaftarkannya di slot pemain Asia. Sementara PSSI lewat Sekretaris Jenderal Yunus Nusi sempat berharap Amat lanjut berkarier di Eropa demi kebaikan timnas Indonesia.

Menyadari keputusannya gabung JDT disorot publik sepakbola Indonesia, Jordi Amat langsung menjelaskan situasi. Ia menegaskan bahwa ada banyak pertimbangan kenapa memilih klub tersebut.

"Saya ingin semua orang tahu bahwa sebelum saya mengambil keputusan ini, saya juga mendapatkan beberapa tawaran dari beberapa Liga-Liga kuat dari negara lainnya. Saya bergabung JDT bukan karena uang semata," ungkap Jordi Amat di Instagram.

"Alasan saya bergabung dengan Johor adalah berdasarkan usaha saya beradaptasi di Asia, karena kedekatan dengan Indonesia, dan juga saya memungkinkan untuk lanjut berkompetisi di level tertinggi sepakbola Asia, karena JDT bersaing di ACL, Asian Champions League," sambungnya.

Jarak yang dekat dari Indonesia tentu akan menjadi kemudahan tersendiri jika harus memperkuat timnas. Faktor lain yang dipertimbangkan mantan bek Espanyol, Swansea City, dan Rayo Vallecano itu adalah fasilitas klub yang mumpuni.

"Johor hanya 2 jam perjalanan dari Indonesia menggunakan pesawat terbang, dan klub sepakbolanya masih bersaing di 16 besar Asian Champions League. Dengan undangan dari @hrhcrownprinceofjohor (Putra Mahkota Johor Tunku Ismail Idris), saya bisa mengunjungi semua fasilitas mereka, dan saya bisa jamin kepada teman-teman semua bahwa fasilitas seperti ini belum pernah saya temui pada tim-tim saya sebelumnya," imbuhnya.

Jordi Amat turut menekankan bahwa ia bangga bisa membela timnas Indonesia dan berharap bisa berkontribusi untuk Merah-Putih.

"Saya harap teman-teman semua menghormati keputusan saya, saya meninggalkan Eropa, keluarga, dan teman-teman. Saya rasa saya sudah melakukan hal yang benar terhadap perjalanan baru sepakbola dalam hidup saya," tandas Jordi Amat.

(raw/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT