Satu Evaluasi Penting Tokyo Verdy untuk Pratama Arhan

ADVERTISEMENT

Satu Evaluasi Penting Tokyo Verdy untuk Pratama Arhan

Bayu Baskoro - Sepakbola
Sabtu, 16 Jul 2022 16:45 WIB
Pratama Arhan menjalani latihan bersama Tokyo Verdy.
Tokyo Verdy beri evaluasi untuk Pratama Arhan. (Foto: dok. Tokyo Verdy)
Tokyo -

Tokyo Verdy serius menggembleng potensi terbaik Pratama Arhan. Ada satu evaluasi penting yang diberikan kepada pemain 20 tahun tersebut. Apa itu?

Arhan menjalani debut bersama Tokyo Verdy pada 6 Juli lalu. Bintang Timnas Indonesia itu tampil sebagai starter saat Verdy menghadapi Tochigi dalam lanjutan J2 League 2022.

Verdy tidak memainkan Arhan sebagai bek kiri, posisi yang biasa dimainkan Arhan di PSIS Semarang dan Timnas Indonesia. Pelatih Verdy, Hiroshi Jofuku, menurunkan Arhan sebagai winger kanan.

Pratama Arhan tidak banyak mengeluarkan penampilan terbaiknya selama 45 di lapangan. Dia ditarik keluar pada babak kedua dalam laga yang dimenangkan Tokyo Verdy 1-0.

Tidak sedikit fans Indonesia mempertanyakan keputusan Tokyo Verdy memainkan Arhan sebagai sayap kanan. Hal itu dianggap meminimalisasi peran Arhan yang biasa bermain sebagai bek kiri.

Usut punya usut, Tokyo Verdy memang sengaja memainkan Arhan bukan sebagai bek kiri demi memaksimalkan potensi terbaik sang pemain. Direktur olahraga Tokyo Verdy, Atsuhiko Ejiri, menilai Arhan sudah oke di saat menyerang, tapi masih kurang dalam hal bertahan.

"Dari yang saya lihat, dan juga pembicaraan dengan staff di lapangan, kemampuan Arhan seperti teknik dan ide penyerangan yang dimiliki saat ini sudah mencapai level untuk dapat bergabung pada sebuah pertandingan," kata Ejiri saat bertemu dengan Arhan sebelum laga kontra Tochigi, seperti dilihat dalam video yang diunggah Tokyo Verdy di Youtube.

"Yang menjadi masalah Arhan saat ini adalah bagian pertahanan. Saya rasa Arhan perlu untuk lebih belajar lagi menguasai taktik individu pertahanan,".

Ejiri menilai wajar bagi Arhan untuk ditempatkan di berbagai posisi sesuai kebutuhan tim. Selain sebagai proses pembelajaran, hal ini juga penting demi peningkatan kualitas Arhan.

"Saya yakin saat ini Arhan pasti sedang banyak mempelajari dan mencoba hal-hal baru dalam dunia sepakbola. Apalagi datang ke luar negeri, pasti Arhan banyak belajar hal baru di Jepang," Ejiri mengungkapkan.

"Jadi Arhan jangan sampai lupa bahwa hal yang tadi saya sampaikan itu semua akan menjadi kemampuan tambahan untuk diri sendiri," pungkasnya kepada Pratama Arhan.



Simak Video "Pratama Arhan Digandrungi Fans Perempuan, Sang Kekasih Ngaku Nggak Cemburuan"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/cas)

ADVERTISEMENT