ADVERTISEMENT

Menpora Amali Puji Nusantara Open 2022: Terima Kasih, Pak Prabowo

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Selasa, 02 Agu 2022 23:00 WIB
Menpora Zainudin Amali dan Prabowo Subianto saat upacara penutupan Nusantara Open 2022, Senin (1/8/2022)
Menpora Zainudin Amali dan Prabowo Subianto di final Nusantara Open 2022 (dok.Kemenpora)
Cibinong -

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali senang dengan perhelatan Nusantara Open 2022. Dia berterima kasih kepada Prabowo Subianto selaku penggagas turnamen ini.

Persib Bandung keluar sebagai juara Nusantara Open 2022. Maung Bandung yang dihuni U-16 ini mengalahkan PSLS Lhokseumawe 2-0 di Stadion Pakansari, Cibinong, Senin (1/8/2022). Turnamen ini dihelat sedari 16 Juli hingga 1 Agustus.

Pada pertandingan final, Amali turut hadir menonton bersama Prabowo yang merupakan pembina turnamen itu. Kepedulian pria yang menjabat Menteri Pertahanan itu kepada sepakbola usia muda membuat Amali senang.

"Atas nama pemerintah saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas pelaksanaan Turnamen Nusantara Open 2022, Piala Prabowo Subianto. Saya mengapresiasi dan sampaikan terima kasih kepada bapak Prabowo Subianto yang telah memulai kerja besar yakni memberi semangat persepakbolaan nasional," ujar Amali dalam rilis kepada detikSport.

Melihat jalannya turnamen Nusantara Open 2022 khususnya di babak final, Amali menaruh harapan besar Timnas Indonesia bisa bermain di Piala Dunia nantinya. Dia yakin suatu saat mimpi itu bakal terwujud, asal dengan kerja keras.

"Saya menaruh harapan besar karena rakyat Indonesia yang saat ini 277 juta memiliki mimpi besar agar timnas sepakbola Indonesia bisa bermain di Piala Dunia. Apa yang dilakukan oleh Bapak Prabowo ini dan timnya adalah cikal bakal untuk mewujudkan mimpi agar timnas menjadi peserta Piala Dunia," katanya menambahkan.

"Kepada para peserta yang ikut berkompetisi dan ikut turnamen ini tugas kalian bukan hanya sampai turnamen ini ditutup, tetapi kalian harus tetap berlatih, berkerja keras dan bersama-sama dengan Bapak Prabowo mewujudkan mimpi besar bangsa."

Pemerintah melalui Perpres 86/2021 telah melahirkan DBON, salah satu cabor yang ada didalamnya adalah sepakbola, sekaligus satu-satunya cabor yang memiliki Inpres yakni Inpres no.3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional.

Dengan adanya Nusantara Open dan turnamen usia muda sejenisnya, maka pembinaan usia muda diharapkan bisa berjalan rutin karena sudah ada payung hukumnya.

"Untuk itu menjadi tanggungjawab kita semua memajukan sepakbola. Pemerintah tidak akan sanggup sendiri tanpa dukungan dari seluruh masyarakat khususnya yang peduli terhadap sepakbola seperti Bapak Prabowo Subianto. Saya yakin sepakbola nasional akan maju ke depan bersama pak Prabowo," kata Amali.

Nusantara Open 2022 berhasil mencapai beberapa capaian penting yakni di antaranya menyatukan semua elemen yang terkait sepakbola. Lalu,16 tim akademi terbaik yang berpartisipasi mewakili keragaman nusantara dalam nuansa kompetisi bertarung dengan kompetitif, solidaritas, dan sportif.

"Nusantara Open berhasil menyatukan kita semua dari 16 tim perwakilan akademi terbaik. Kemudian, turnamen ini menjadi turnamen pertama usia muda yang telah menggunakan big data analisis sebagai salah satu implementasi sport science," kata Ketua Pelaksana Nusantara Open 2022 Aji Jaya Bintara.

"Secara statistik turnamen ini telah menghasilkan 98 gol dari 38 pertandingan. Juga turnamen ini telah di siarkan melalui platform digital. Semoga turnamen ini menjadi rol model dan memberi efek positif bagi turnamen usia muda lainnya."

(mrp/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT