Nasib Vietnam di Piala AFF U-16 Masih Gantung, Bima Sakti: Gantian!

ADVERTISEMENT

Nasib Vietnam di Piala AFF U-16 Masih Gantung, Bima Sakti: Gantian!

Randy Prasatya - Sepakbola
Minggu, 07 Agu 2022 04:10 WIB
Timnas Indonesia U-16 melawan Vietnam U-16 dalam laga lanjutan penyisihan grup A Piala AFF U-16 2022 di stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (6/8/2022).
Aksi Indonesia saat mengalahkan Vietnam di Piala AFF U-16. (Foto: PIUS ERLANGGA)
Jakarta -

Vietnam masih harus menunggu hasil dari Grup C agar bisa melaju ke semifinal Piala AFF U-16. Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, sedikit menyindir Vietnam.

Indonesia menghadapi Vietnam dalam matchday ketiga Grup A Piala AFF U-16. Dalam duel yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (6/8/2022) malam WIB, anak asuh Bima Sakti menang 2-1.

Gawang Indonesia kebobolan lebih dulu lewat eksekusi penalti Nguyen Cong Phuong. Babak pertama, Indonesia ketinggalan 0-1.

Di babak kedua, Indonesia bisa membalas. Gol dari Arkhan Kaka Putra Purwanto dan Nabil Asyura memastikan tuan rumah comeback dan berbalik menang 2-1.

Kemenangan membuat Indonesia keluar menjadi juara Grup A Piala AFF U-16 2022 dengan 9 poin, hasil tak terkalahkan di tiga laga. Vietnam harus puas menjadi runner-up dengan 6 poin.

Status Vietnam saat ini sedang menunggu untuk menjadi runner-up terbaik. Mereka sejauh ini masih ada di posisi teratas dengan enam poin pada klasemen runner-up, di depan Thailand dan Myanmar.

"Pesan saya jangan bakar flare lagi karena yang rugi kita juga, walaupun kita tahu bagaimana di media sosial, kemarin begitu juga, Vietnam mungkin menyebalkan. Tapi, kita harus tetap respect," kata Bima Sakti usai pertandingan.

"Saya ajarkan pemain untuk tetap respect walaupun tadi ada pemain kita yang sakit, mereka (Vietnam) tidak buang bola. Kalau kita tetap buang bola dalam kondisi tim apapun dan pelatih mengajarkan itu ke pemain."

Pernyataan Bima Sakti itu menyinggung soal pertandingan fase grup Piala AFF U-19 bulan lalu. Indonesia saat itu tersingkir setelah Vietnam dan Thailand imbang 1-1 lantaran ada indikasi bermain aman.

"Bulan lalu terjadi hal yang tidak diinginkan bagaimana Thailand dan Vietnam main. Nah, sekarang gantian, mereka yang menunggu hasil besok grup C," Bima Sakti menegaskan.

Posisi runner-up di Grup B tidak akan mempengaruhi Vietnam karena Thailand dan Timor Leste saling berhadapan di laga terakhir. Sejauh ini poin Thailand dan Timor Leste sama-sama empat dan hasil apapun tetap menempatkan Vietnam di atas.

Ancaman Vietnam ada di Grup C karena Malaysia dan Myanmar sama-sama punya poin empat serta tak saling berhadapan di laga terakhir. Malaysia akan mengoleksi poin 7 jika bisa mengalahkan Australia dan Myanmar juga menyamai andai mengalahkan Kamboja.

Artinya, jika Malaysia dan Myanmar menuntaskan perjalanan fase grup dengan tujuh poin, Vietnam akan pulang kampung. Phan Thanh Duc Thien dkk. kini harus berharap setidaknya salah satu laga di Grup C ada yang berakhir imbang.

Saksikan juga video Sosok minggu ini: Ferra manajang, Berbagi Hidup Dengan Para Perempuan ODGJ

[Gambas:Video 20detik]




(ran/aff)