6 Wasit Dihukum PSSI, Termasuk yang Sahkan Gol Offside David da Silva

ADVERTISEMENT

6 Wasit Dihukum PSSI, Termasuk yang Sahkan Gol Offside David da Silva

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 08 Sep 2022 12:23 WIB
Selebrasi pemain Persib Bandung.
PSSI menghukum 6 wasit Liga 1, ada yang pimpin Persib Bandung vs RANS Nusantara FC. (Foto: persib.co.id)
Jakarta -

PSSI baru saja menghukum enam wasit Liga 1 2022 akibat kesalahan keputusan mereka. Salah satunya hakim garis yang lalai melihat gol offside David da Silva.

Keputusan kali ini dijatuhkan buat wasit laga-laga pekan ke-5 hingga ke-8 Liga 1 2022. Enam wasit yang akan menjalani sanksi ini terdiri dari wasit tengah, asisten wasit, hingga Additional Assistant Referee (AAR).

Mereka dianggap lalai dalam menjalankan tugasnya pada laga RANS Nusantara FC Vs Persija Jakarta, Persis Solo Vs Madura United, dan Persib Bandung vs Rans Nusantara.

Dari tiga laga di atas, RANS Nusantara sering menjadi korbannya. Mulai dari tak mendapat hadiah penalti melawan Persija dan dihukum penalti hingga menjadi korban gol offside saat melawan Persib.

Paling menyakitkan adalah saat jumpa tuan rumah Persib. Selain lawan mencetak gol offside, Maung Bandung juga mendapat hadiah penalti yang semestinya tidak diberikan. Tanpa dua keputusan keliru tersebut mungkin RANS yang menjadi pemenang laga.

Berbagai hal itu membuat Pelatih RANS Rahmad Darmawan sempat angkat bicara. Ia menyebut timnya terus-terusan dirugikan keputusan wasit dalam berbagai laga Liga 1.

"Dari awal perangkat pertandingan memang sudah nggak fair, penalti (buat Persib) tadi hanya salah satunya," kata Rahmad Darmawan seusai timnya kalah 1-2 dari Persib, Minggu (4/9/2022).

Sejak awal Liga 1, Rahmad Darmawan vocal terhadap kepemimpinan wasit. Maklum timnya memang sejak awal sering menjadi korban kesalahan pengambilan keputusan wasit.

Sebelumnya beberapa wasit pemimpin laga RANS juga sudah mendapat hukuman. PSSI sebelumnya sudah menghukum 12 wasit yang memimpin laga-laga Liga 1 pekan ke-1 hingga ke-4.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT