Kelanjutan Liga 1 dan Liga 2 Tunggu Evaluasi Total!

ADVERTISEMENT

Kelanjutan Liga 1 dan Liga 2 Tunggu Evaluasi Total!

Mercy Raya - Sepakbola
Senin, 03 Okt 2022 18:27 WIB
Logo Liga 1, Logo Bri Liga 1, BRI Liga 1
Kelanjutan Liga 1 dan Liga 2 Tunggu Evaluasi Total! (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud MD tak bisa memastikan kapan Liga 1 dan Liga 2 akan kembali dilanjutkan. Ia hanya menegaskan bahwa semua hal tunggu evaluasi total beres.

Hal itu diungkapkan Mahfud menjawab pertanyaan nasib kelanjutan penyelenggaraan kompetisi sepakbola nasional kasta nomor satu dan kedua di Indonesia tersebut. Apakah bisa lanjutkan setelah evaluasi menyeluruh atau dihentikan total hingga musim depan?

"Kan Presiden sudah menyatakan dihentikan dulu sampai dilakukannya evaluasi total, evaluasi menyeluruh," kata Mahfud, dalam jumpa pers virtual Senin (3/10/2022).

"Nah, evaluasi menyeluruh ini mungkin akan dilakukan, akan ditemukan di TGIPF (Tim Gabungan Independen Pencari Fakta) ini. Di samping itu juga ada evaluasi sendiri-sendiri kan. TNI juga juga evaluasi tenaga BKO-nya, Polri juga, PSSI, dan Kemenpora juga akan mengevaluasi. Nanti akan ketemu di TGIPF ini," dia menegaskan.

Sehubungan itu, Mahfud MD sendiri sudah menyatakan bila masa tugas TGIPF ini diperkirakan sampai dua sampai tiga minggu ke depan, atau paling lambat satu bulan. Adapun aspek-aspek yang akan digali tidak hanya berkaitan dengan hukum, namun dalam semua aspek terkait.

"Bukan sekadar tindakan hukum, karena tindakan hukun sudah diperintahkan 2-3 hari ke depan supaya segera dilakukan penegasan. Tapi ini akan lebih menyeluruh, langkah, proses, yang terlibat, dan macam-macam kaitan dengan pihak luar. Siapa tahu nanti akan ketemu," ujar Mahfud.

Usai terjadinya Tragedi Kanjuruhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022) yang menewaskan ratusan orang, Pemerintah Pusat bergerak cepat untuk menuntaskan kasus tersebut.

Salah satunya dengan menggelar rapat pembahasan langkah-langkah cepat untuk mitigasi dan tindak lanjut tragedi sepakbola di Kanjuruhan, yang berlangsung di Kantor Menko Polhukam, pada Senin (3/10/2022) pagi.

Dalam rapat tersebut, salah satu keputusannya ialah dengan membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta, yang dipimpin langsung oleh Menko Polhukam, Mahfud MD, dan bertugas sebagai wakil Ketua ialah Menpora Zainudin Amali.

(mcy/aff)

ADVERTISEMENT