sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 12 Sep 2020 18:05 WIB

'Gelar Liga Inggris Masih di Luar Jangkauan Chelsea dan MU'

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Manchester Uniteds Bruno Fernandes, left, and Chelseas Reece James battle for the ball during the English FA Cup semifinal soccer match between Chelsea and Manchester United at Wembley Stadium in London, England, Sunday, July 19, 2020. (AP Photo/Alastair Grant, Pool) Chelsea dan Manchester United digadang-gadang ikut dalam persaingan gelar. (Foto: AP/Alastair Grant)
Jakarta -

Chelsea sudah berbelanja besar, sementara Manchester United berubah banyak sejak hadirnya Bruno Fernandes. Tapi mereka diyakini belum bisa juara, apa sebabnya?

Chelsea sudah menghabiskan lebih dari 200 juta paun di musim panas ini untuk memperkuat tim demi menyambut musim 2020/2021. Empat pembelian besar diselesaikan yakni Hakim Ziyech, Timo Werner, Ben Chilwell, dan Kai Havertz.

Selain itu, klub London barat itu juga merekrut Thiago Silva secara cuma-cuma untuk memperkukuh pertahanan. Perekrutan besar ini mengubah ekspektasi pada Chelsea, dengan tim besutan Frank Lampard itu digadang-gadang ikut persaingan gelar.

Musim lalu The Blues cukup kepayahan menyegel posisi empat besar akibat sanksi larangan transfer dan kepergian Eden Hazard. Mereka menebusnya musim ini dengan menghabiskan banyak uang untuk merekrut pemain, tapi di saat yang sama Lampard mesti menemukan dinamika baru dengan banyaknya perubahan di tim.

"Frank Lampard menjalani musim pertama yang sangat positif mengingat kondisinya, dengan klub di bawah embargo transfer. Tapi sekarang mereka sudah menggelontorkan dana, level ekspektasinya berubah," ungkap mantan pemain Blackburn Rovers dan Newcastle United Alan Shearer kepada BBC.

"Tiba-tiba targetnya berubah dari berharap masuk empat besar, ke tuntutan bahwa mereka menantang untuk gelar juara. Kalau tidak, Anda tak membelanjakan uang sebanyak itu. Tapi, meski saya yakin performa mereka akan meningkat, saya masih berpikir bahwa memenangi liga itu di luar jangkauan mereka," imbuh top skor sepanjang masa Liga Inggris tersebut.

Shearer juga melihat kans Manchester United untuk ikut persaingan gelar cukup berat. Berbeda dengan Chelsea, MU tak merekrut banyak pemain, setidaknya sejauh ini.

'Setan Merah' baru mendatangkan Donny van de Beek. Melihat keadaan sejauh ini, yang bakal menjadi persoalan utama MU adalah kedalaman skuad.

"United juga, akan mengincar posisi atas di klasemen setelah laju bagus mereka untuk finis ketiga. Tapi memperbaiki hasil itu akan sangat sulit untuk mereka dengan situasi sejauh ini," sambung Shearer.

"Saya tak yakin mereka punya kedalaman untuk mempertahankan tantangan mereka, meskipun saya memperkirakan satu atau dua perekrutan lainnya, dengan Donny van de Beek, dan kalau Jadon Sancho jadi salah satunya, saya bisa memahami andai fans mereka mulai antusias."

"United akan menarik untuk disaksikan meskipun mereka tak mendapatkan Sancho. Tapi saya sangat tertarik ingin melihat bagaimana situasi di posisi kiper mereka, karena kisa bisa melihat persaingan nyata untuk menjadi nomor satu antara David de Gea dan Dean Henderson," ujar penyerang legendaris Inggris ini.



Simak Video "Solskjaer Tunjuk Bruno Fernandes Jadi Kapten MU Lawan PSG"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com