sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 22 Sep 2020 07:02 WIB

Kehadiran Thiago Ganggu Keseimbangan Skuat Liverpool?

Bayu Baskoro - detikSport
LONDON, ENGLAND - SEPTEMBER 20: Thiago Alcantara of Liverpool looks on after the Premier League match between Chelsea and Liverpool at Stamford Bridge on September 20, 2020 in London, England. (Photo by Michael Regan/Getty Images) Thiago Alcantara debut bersama Liverpool saat bersua Chelsea di Liga Inggris. (Foto: Getty Images/Michael Regan)
Liverpool -

Thiago Alcantara tampil impresif saat debutnya di Liverpool. Namun, kehadiran pemain 29 tahun itu dinilai bisa mengganggu keseimbangan tim Si Merah. Lo kok?

Thiago resmi menjadi pemain anyar Liverpool pada Jumat (18/9/2020). Gelandang Spanyol itu direkrut dari Bayern Munich dengan transfer yang kabarnya mencapai 20 juta paun plus bonus, serta diikat kontrak berdurasi empat tahun.

Dua hari setelah diumumkan sebagai pemain baru Liverpool, Thiago langsung melakoni debutnya berseragam Si Merah. Eks bintang Barcelona itu turun sebagai pemain pengganti saat timnya bersua Chelsea di Stamford Bridge, Minggu (20/9) malam WIB.

Thiago menorehkan catatan manis dalam laga debutnya bersama Liverpool. Melansir data Opta, dia melakukan 75 umpan sukses selama 45 menit babak kedua dan menjadi rekor baru jumlah umpan total dalam satu pertandingan Liga Inggris sejak 2003-2004.

Pertandingan pertama Thiago Alcantara berseragam Si Merah pun ditutup dengan kemenangan Liverpool 2-0 berkat dwigol Sadio Mane. Cuplikan aksi Thiago Alcantara pada laga Chelsea vs Liverpool dapat disaksikan di link ini.

Penampilan Thiago di laga Chelsea vs Liverpool pun banjir pujian dari banyak pihak. Kendati demikian di satu sisi, tidak sedikit yang menilai kehadirannya justru bisa mengganggu keseimbangan skuat asuhan Juergen Klopp tersebut.

Salah satu yang berpendapat soal itu adalah Danny Murphy, mantan pemain Liverpool di era 2000-an. Pria yang kini aktif sebagai pundit di Inggris itu percaya kedatangan Thiago tak membuat semua pemain Si Merah senang, khususnya para gelandang semisal Georginio Wijnaldum.

Ya, Wijnaldum menjadi pemain yang paling terancam terdepak dari starting line-up Liverpool dengan kehadiran Thiago. Andai hal tersebut benar-benar terjadi, bukan tidak mungkin gelandang yang santer dikaitkan dengan Barcelona itu bakal segera angkat kaki dari Anfield.

"Saya yakin betul Thiago Alcantara datang ke Liverpool sebagai pemain utama - Saya ragu jika dia berbicara dengan Juergen Klopp soal harus duduk di bangku cadangan musim ini," kata Murphy, dikutip dari Omnisport.

"Dia punya kaki yang bagus, umpan-umpannya mantap, kesadarannya luar biasa dan bisa bermain di posisi gelandang manapun. Saya rasa pembelian di bawah 30 juta paun buatnya tak sia-sia, sebab dia hanya punya satu tahun tersisa pada kontraknya bersama Bayern," Murphy menambahkan.

"Saya pikir kepergian Gini Wijnaldum tidak akan terhindarkan sekarang karena Liverpool akan memiliki tujuh atau delapan pemain yang bersaing buat tiga posisi. Artinya, terlalu banyak wajah-wajah yang tidak bahagia untuk keseimbangan skuat," demikian kata Murphy soal kedatangan Thiago Alcantara ke Liverpool.



Simak Video "Gelandang Anyar Liverpool Thiago Alcantara Positif Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com