sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 28 Sep 2020 09:50 WIB

Liverpool Jago di Kandang, Apa Sih Rahasianya?

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Liverpools Virgil van Dijk, center, celebrates after he scored his sides second goal during the English Premier League soccer match between Liverpool and Leeds United, at the Anfield stadium, in Liverpool, Saturday, Sept. 12, 2020. (Paul Ellis, Pool via AP) Liverpool sudah melewati 60 pertandingan kandang Premier League tanpa terkalahkan (Foto: AP/Paul Ellis)
Liverpool -

Liverpool begitu tangguh di Anfield hingga punya catatan yang impresif. Apakah Juergen Klopp punya resep rahasia?

Sudah tiga tahun Liverpool tidak pernah kalah di Anfield dalam pertandingan Premier League. Terakhir kali The Reds kalah saat bermain kandang di liga adalah ketika tumbang 1-2 di tangan Crystal Palace pada April 2017.

Liverpool kini sudah melewati 60 pertandingan kandang tanpa tersentuh kekalahan di Premier League. Dalam laju tersebut, mereka mencatatkan 49 kemenangan dan 11 hasil imbang).

Liverpool mendekati rekor klub yang pernah dicatatkan pada 1978-1981 (63 laga kandang tak terkalahkan di liga). Di Premier League sendiri, rekor laju tak terkalahkan terpanjang di pertandingan kandang masih dipegang oleh Chelsea (86 antara 2004-2008).

Pada musim lalu, Liverpool hanya imbang satu kali dan mencatat 18 kemenangan dalam 19 laga kandang di Premier League. Mereka hanya kehilangan enam poin dari 120 poin yang bisa diraih dalam 40 pertandingan kandang terakhir di liga.

Meski demikian, manajer Liverpool Juergen Klopp enggan terlalu membesar-besarkan statistik tersebut. Dia menyebut tidak ada resep khusus di balik laju tak terkalahkan Liverpool di Anfield.

"Satu-satunya waktu saya memikirkan angka itu adalah ketika seseorang bertanya kepada saya soal itu dan begitu saya sudah menjawab pertanyaannya, saya langsung lupa karena saya tidak tertarik," ujar Klopp seperti dilansir Sky Sports.

"Kami melakukan apa yang kami lakukan. Kami mencoba untuk menang dan kami sudah melakukannya di kandang dalam situasi yang berbeda-beda, saat malam, siang, dengan suporter, tanpa suporter."

"Ini adalah kandang kami dan kami merasa sangat baik di sana, tapi tidak ada resep rahasia. Kami tidak pernah berharap kalah, tapi kami tidak berharap menang."

"Hanya saja kami tahu kami harus bekerja dan kami ingin pantas mendapat tiga poin, itulah yang kami mau. Kurang lebih seperti itu," katanya.

Liverpool selanjutnya akan menghadapi ujian di Anfield kala Arsenal berkunjung pada Selasa (29/9/2020) dini hari WIB di pertandingan pekan ketiga Premier League. Duel Liverpool vs Arsenal bisa disaksikan secara langsung di Mola TV lewat link streaming ini.

(nds/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com