sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 21 Okt 2020 05:30 WIB

Chelsea Umumkan Skuad Liga Inggris, Ada Nama Petr Cech

Adhi Prasetya - detikSport
BURNLEY, ENGLAND - OCTOBER 26: Petr Cech, technical and performance advisor at Chelsea, looks on during the Premier League match between Burnley FC and Chelsea FC at Turf Moor on October 26, 2019 in Burnley, United Kingdom. (Photo by Jan Kruger/Getty Images) Petr Cech kembali didaftarkan sebagai kiper Chelsea di musim ini. Foto: Getty Images/Jan Kruger
London -

Chelsea membuat langkah mengejutkan di Liga Inggris musim ini. Mereka mendaftarkan penasihat teknik klub, Petr Cech, sebagai bagian dari anggota tim.

Cech, 38 tahun, masuk sebagai kiper keempat dalam daftar skuad asuhan Frank Lampard. Sebelumnya, sudah ada Edouard Mendy, Kepa Arrizabalaga, dan Willy Caballero.

Cech sejatinya bukanlah nama asing bagi Chelsea. Ia pernah berseragam The Blues selama 2004-2015. Pria berpaspor Republik Ceko itu lalu pindah ke Arsenal dan bertahan selama 4 musim.

Masalahnya, Cech sudah pensiun sejak 2019, kemudian kembali ke Chelsea untuk menjadi penasihat teknik. Hal inilah yang dipertanyakan publik.

Dalam keterangan resmi pada Rabu (21/10) dini hari WIB, Chelsea menjelaskan bahwa nama Cech dimasukkan untuk berjaga-jaga jika ada situasi darurat, semisal kasus COVID-19 yang melanda skuad Chelsea.

Contohnya, apabila setidaknya dua dari tiga kiper yang ada saat ini harus absen karena COVID-19, maka Chelsea hanya punya satu kiper saja. Lampard tampaknya tak mau mengambil risiko mempromosikan kiper dari akademi yang belum teruji, oleh sebab itu nama Cech akhirnya dimasukkan.

Cech sendiri berstatus pemain tanpa kontrak. Artinya, ia hanya akan main jika memang dibutuhkan. Ia pun hanya didaftarkan di Liga Inggris, dan namanya tak ada di daftar skuad Liga Champions.

Peraih empat gelar Premier League ini pun bukannya tanpa persiapan. Di awal musim ini, ia sudah pernah diminta Lampard membantu melatih para kiper Chelsea, mengingat buruknya rekor kebobolan The Blues sejak musim lalu.

Chelsea diketahui sudah menurunkan tiga kiper secara bergantian di Liga Inggris, dan gawang mereka sudah bobol 9 kali dari lima laga yang sudah dimainkan. Rinciannya, Kepa kebobolan 6 kali, Caballero 3 kali, dan Mendy masih cleansheet.

Skuad Chelsea di Liga Inggris 2020/21:

Kiper: Kepa Arrizabalaga, Edouard Mendy, Willy Caballero, Petr Cech

Bek: Antonio Rudiger, Marcos Alonso, Andreas Christensen (homegrown), Thiago Silva, Fikayo Tomori (homegrown), Kurt Zouma, Ben Chilwell (homegrown), Reece James (under-21), Cesar Azpilicueta, Emerson Palmieri

Gelandang: Jorginho, N'Golo Kante, Christian Pulisic, Mateo Kovacic, Mason Mount (under-21), Callum Hudson-Odoi (under-21), Hakim Ziyech, Billy Gilmour (under-21), Kai Havertz (under-21)

Penyerang: Tammy Abraham (homegrown), Timo Werner, Olivier Giroud





(adp/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com