Arsenal Sekarang Main Bagus Doang, tapi Gak Menang-menang

Bayu Baskoro - Sepakbola
Jumat, 25 Des 2020 08:49 WIB
LONDON, ENGLAND - DECEMBER 13: Mikel Arteta, Manager of Arsenal acknowledges the fans following the Premier League match between Arsenal and Burnley at Emirates Stadium on December 13, 2020 in London, England. A limited number of spectators (2000) are welcomed back to stadiums to watch elite football across England. This was following easing of restrictions on spectators in tiers one and two areas only. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images )
Mikel Arteta membuat Arsenal tampil menghibur, tapi timnya kalah melulu. (Foto: Getty Images/Catherine Ivill)
London -

Mikel Arteta dinilai berupaya membawa Arsenal tampil menghibur di lapangan. Kenyataannya, The Gunners justru memble dan lebih banyak kalah belakangan ini.

Arsenal terpuruk di urutan ke-15 klasemen Liga Inggris dengan 14 poin dari 14 pertandingan. Pierre-Emerick Aubameyang dkk sudah menderita delapan kekalahan dan baru menang empat kali, serta dua kali imbang.

Klub asal London itu bahkan belum pernah lagi memenangkan pertandingan di Premier League dalam tujuh laga terakhir. Sepanjang periode itu, Arsenal tumbang lima kali dan sisanya seri.

Apa yang ditunjukkan Arsenal saat ini diakui legenda klub, Paul Merson, berbeda dengan penampilan The Gunners sebelum musim 2020/2021 dimulai. Pada akhir musim lalu, anak asuh Mikel Arteta itu berhasil menjuarai Piala FA dengan menaklukkan tim-tim besar seperti Manchester City dan Chelsea.

Selama kampanye menuju titel Piala FA musim lalu, Arsenal beberapa kali bermain defensif dan mengandalkan serangan balik guna mencetak gol. Hal itu kemudian mulai ditinggalkan pada musim ini, lantaran Arteta mau membuat timnya tampil bagus dan menghibur dengan penguasaan bola.

"Tentu saja, Arsenal sedang tidak percaya diri dan itu bisa berdampak besar. Man United terlihat seperti tim berbeda dengan kepercayaan diri, tapi Arteta harus kembali ke apa yang membuat Arsenal sukses - taktik melawan Man City di semifinal Piala FA, serta menghadapi Chelsea di final," kata Merson kepada Sky Sports.

"Mereka harus kembali ke cara bermain seperti itu, tapi dia sekarang dalam posisi sebagai manajer muda yang baru. Dia merasa kalau dia harus terus tampil mengesankan," Merson menambahkan.

"Dia harus kembali menjadi sulit untuk dikalahkan, menggunakan serangan balik cepat. Saat ini, rasanya Arteta menghindar dari menerapkan apa yang dilihat sebagai taktik negatif dan lebih fokus untuk mencoba menghibur - itu tidak baik,".

"Arteta perlu kembali ke apa yang membuat dia sukses saat pertama kali menangani tim. Mereka mengalahkan Man City yang sangat bagus ketika itu dan Arteta perlu menunjukkan video tersebut kepada para pemain dan kembali ke sana," ujarnya.



Simak Video "Pochettino Incar Striker Andalan, Arteta Aman Atau Berakhir?"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/adp)