Klopp Ungkap Alasan Liverpool Pinjamkan Minamino ke Southampton

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Rabu, 03 Feb 2021 20:45 WIB
LIVERPOOL, ENGLAND - OCTOBER 27: Takumi Minamino of Liverpool looks on during the UEFA Champions League Group D stage match between Liverpool FC and FC Midtjylland at Anfield on October 27, 2020 in Liverpool, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Peter Byrne -  Pool/Getty Images)
Liverpool pinjamkan Takumi Minamino ke Southampton (Foto: Getty Images/Pool)
Liverpool -

Liverpool meminjamkan Takumi Minamino ke Southampton. Meski mau saja mempertahankannya, Juergen Klopp merasa perlu melepas Minamino ke klub lain.

Transfer Minamino dari Liverpool ke Southampton terjadi pada hari terakhir bursa transfer musim dingin 2021. Pemain asal Jepang itu dipinjamkan ke Southampton sampai akhir musim tanpa opsi pembelian.

Minamino direkrut Liverpool dari Red Bull Salzburg pada Januari 2020. Namun, setelah satu tahun di Anfield, dia jarang dapat kesempatan bermain.

Pada enam bulan pertamanya di Liverpool, Minamino cuma main 14 kali di semua kompetisi. Lebih sering masuk sebagai pemain pengganti, Minamino pun tak banyak memberi kontribusi signifikan.

Musim 2020/2021, Minamino masih kesulitan menembus tim utama Liverpool. Dari total 17 kali penampilan di semua kompetisi, pemain 26 tahun itu cuma tujuh kali jadi starter.

Maka, ketika Southampton berniat meminjam Minamino, Juergen Klopp pun tak bisa menolak. Manajer asal Jerman itu berharap Minamino bisa mengasah kemampuan dengan bermain lebih sering di Southampton.

"Ketika Southampton datang, tidak ada banyak klub di mana saya kira masuk akan kalau saya lepas dia ke sana, tapi Southampton masuk akal," ujar Klopp seperti dilansir Metro.

"Dia sekarang sudah di sana selama 17 hari. Dalam situasi Southampton, saya kira kalau Takumi tetap fit dia akan dapat peluang untuk memainkan 17 pertandingan, yang membantu semuanya. Itu membantu Southampton, itu membantu kami."

"Karena satu-satunya yang kurang dari Takumi adalah pertandingan beruntun. Itu sulit kalau di sini," lanjut Klopp.

"Saya mau saja mempertahankannya agar punya opsi, tapi pada akhirnya karena Takumi adalah proyek jangka panjang, kami melihat banyak potensi dalam dirinya."

"Masuk akal kalau sekarang mungkin dia bisa memainkan 17 pertandingan Premier League dan kembali dengan pola pikir, level kepercayaan diri yang berbeda. Saya harap ini saling menguntungkan," kata Klopp soal peminjaman Minamino.

(nds/rin)