City Sukses karena Uang, Guardiola: MU, Barca, Madrid Juga Begitu

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Sabtu, 27 Feb 2021 14:35 WIB
LONDON, ENGLAND - FEBRUARY 21: Pep Guardiola, Manager of Manchester City reacts during the Premier League match between Arsenal and Manchester City at Emirates Stadium on February 21, 2021 in London, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Shaun Botterill/Getty Images)
Manajer Man City Pep Guardiola mengatakan, klub-klub top Eropa lain juga butuh belanja besar agar juara. (Foto: Getty Images/Shaun Botterill)
Manchester -

Tak jarang Manchester City dikritik karena dianggap membeli kesuksesan. Manajer City Pep Guardiola berkukuh, klub-klub besar Eropa lainnya seperti Manchester United, Barcelona dan Real Madrid juga demikian.

City sedang ditunggu kesuksesan besar di akhir musim ini. The Citizens baru saja membukukan kemenangan ke-19 beruntun setelah menumpas Borussia Moenchengladbach 2-0 di leg I babak 16 besar Liga Champions tengah pekan. Kemenangan itu membuka lebar langkah City ke perempatfinal.

Sedangkan di ajang domestik, City mantap memuncaki klasemen Liga Inggris usai 10 poin dari Manchester United dan Leicester City di tiga besar. Si Biru Langit juga menjejak final Piala Liga dan perempatfinal Piala FA.

Usai kemenangan atas Gladbach, Guardiola mengungkapkan bahwa rahasia kesuksesan Manchester City karena memiliki banyak uang. Padahal, tidak bisa dipungkiri bahwa selama ini City memang dituding sebagai klub yang membeli trofi juara.

Guardiola menegaskan, klub sekarang tidak akan mungkin bisa mencapai sukses tanpa finansial yang kuat. "Kami mempunyai cerita ini di belakang kami dan akan selalu bersama kami. Bukan hanya satu jurnalis saja tapi banyak yang bilang bahwa satu-satunya alasan mengapa kami juara itu karena uang, jadi itu benar. Kami bisa menerimanya," ujar dia dikutip M.E.N.

"Mereka melakukannya di klub-klub lain dengan anggaran yang lebih tinggi ketimbang kami. Untuk melakukan apa yang kami lakukan dalam empat musim terakhir; kami memenangi banyak pertandingan di semua kompetisi, memainkan banyak final dan memenangi banyak titel juara, Anda harus mempunyai pemain-pemain bagus."

"Mustahil bisa melakukannya dan mempertahankannya untuk waktu yang lama dengan pemain yang biasa-biasa saja. Dan pemain-pemain top itu butuh uang, untuk klub-klub top di Eropa. Tapi banyak orang di dunia ini yang bilang bahwa itulah alasannya, oke kami menerimanya."

"Dalam 30-40 tahun kami tidak bersaing dengan klub-klub elite. Untuk bisa berada di sana, Anda harus belanja. Sebelumnya ketika United juara, juara, dan juara itu karena mereka menghabiskan lebih banyak uang daripada klub lain. Di Barcelona dan Madrid juga sama," Guardiola menambahkan.



Simak Video "Man City Vs Leeds Diam Sejenak, Beri Hormat Untuk Pangeran Philip"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/nds)