Klopp Bukannya Tak Mau Latih Timnas Jerman, tapi...

Yanu Arifin - Sepakbola
Kamis, 18 Mar 2021 09:20 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - JANUARY 24: Jurgen Klopp, Manager of Liverpool looks on ahead of The Emirates FA Cup Fourth Round match between Manchester United and Liverpool at Old Trafford on January 24, 2021 in Manchester, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Martin Rickett - Pool/Getty Images)
Manajer Liverpool, Juergen Klopp. (Foto: Getty Images/Pool)
Liverpool -

Beredar rumor Juergen Klopp akan meninggalkan Liverpool dan melatih Timnas Jerman. Begini reaksi sang manajer.

Klopp ramai diberitakan akan mengambil alih kursi pelatih Timnas Jerman. Itu setelah pelatih Die Mannschaft saat ini, Joachim Loew, memutuskan mundur usai gelaran Piala Eropa 2020, yang digelar tahun ini.

Klopp, yang juga berasal Jerman, dinilai menjadi kandidat yang pas untuk melatih tim nasional negaranya. Capaiannya di Liverpool dinilai lengkap, dengan sudah memenangkan gelar Liga Inggris, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Ada kabar, Klopp bahkan siap hengkang dari Liverpool pada musim panas ini. Kabar tersebut juga muncul, di tengah performa Si Merah yang tengah merosot, dengan kini masih tertahan di peringkat enam klasemen Liga Inggris.

Menanggapi rumor tersebut, Juergen Klopp menegaskan memang tertarik melatih Timnas Jerman. Namun, waktunya bukan saat ini, di mana ia masih terikat kontrak bersama Liverpool sampai 2024.

"Yang penting adalah, saya tidak mengatakan bahwa saya tidak ingin menjadi pelatih tim nasional, tetapi saya memang tidak bisa. Itu perbedaan besar," kata Klopp, seperti dilansir Mirror.

"Ada komitmen yang sangat jelas. Saya memiliki peran penting di sini di Liverpool."

"Ini adalah tahun keenam saya di Liverpool, dan saya telah membangun hubungan yang luar biasa di sini dengan orang-orang yang bekerja dengan saya setiap hari. Kami mengandalkan satu sama lain. Saat ini, dalam fase yang sulit, untuk mengatakan 'Kalau begitu, saya akan pergi?' Itu tidak bisa," jelas Juergen Klopp, terkait rumor akan melatih Timnas Jerman.

(yna/ran)