UEFA Bikin Ajax Hapus Tiga Burung Kecil di Jersey "Bob Marley"

Putra Rusdi K - Sepakbola
Selasa, 14 Sep 2021 03:00 WIB
Steven Berghuis (C) and Sebastien Haller (R) of Ajax Amsterdam celebrate a goal during the Dutch Eredivisie football match between PEC Zwolle and Ajax at MAC3Park stadium on September 11, 2021 in Zwolle. (Photo by Olaf Kraak / ANP / AFP) / Netherlands OUT
Ajax menghilangkan gambar tiga burung kecil di jersey ketiga mereka (Foto: AFP/OLAF KRAAK)
Amsterdam -

Ajax Amsterdam harus menghilangkan gambar tiga burung kecil di jersey "Bob Marley" mereka. Hal ini akibat aturan yang diberlakukan oleh UEFA.

Jersey ketiga Ajax mengundang banyak sorotan pada pada saat diluncurkan pada akhir Agustus lalu. Seragam De Godenzonen mengusung tema tak biasa yaitu terinspirasi dari lagu "Three Little Birds" milik Bob Marley. "Three Little Birds" merupakan lagu yang dinyanyikan fans Ajax sejak 2008

Kostum ketiga Ajax yang dibuat apparel asal Jerman, Adidas ini berwarna dasar hitam. Jersey tersebut dihiasi garis tiga warna, yakni merah, kuning dan hijau di bagian pundak dan melingkar di lengan. Di kerah belakangnya, terdapat gambar tiga burung kecil yang merujuk langsung pada lagu "Three Little Birds".



Jersey ketiga Ajax ini diburu banyak pihak berkat tema tak biasa yang diangkat. Direktur Komersial Ajax, Menno Geelen, mengatakan bahwa jersey tersebut mencatatkan rekor sebagai jersey Ajax yang terjual paling banyak dalam satu hari dan penjualannya empat kali lebih banyak dari jersey Ajax lain.

"Ini menjadi rekor jumlah jersey terjual dalam satu hari. Baju ini terjual setidaknya empat kali lebih banyak daripada jersey Ajax lainnya," ujar Geelen dikutip dari Mirror.

Ajax menggunakan jersey ini pertama kalinya saat menang 2-0 di markas PEC Zwolle akhir pekan lalu. Namun, ada hal yang berbeda di jersey ketiga Ajax yang dikenakan di laga lawan PEC Zwolle dengan saat pertama kali diluncurkan. Gambar tiga burung kecil di kerah belakang hilang dari jersey ketiga Ajax.

Usut punya usut, Ajax harus menghapus gambar tersebut akibat aturan dari UEFA. UEFA melarang adanya simbol di jersey yang tak merujuk pada logo atau sponsor klub.

"Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) melihatnya sebagai simbol yang berbeda dari logo klub, logo sponsor di jersey atau sponsor lengan. simbol lain tidak diperbolehkan," jawaban pihak Ajax terkait keputusan mereka menghapus gambar tiga burung kecil di jersey ketiga mereka dikutip dari Ajax Life.

Dipastikan tak ada lagi gambar tiga burung kecil di jersey ketiga Ajax yang dipakai oleh pasukan Eric Ten Haag di semua ajang kompetisi.



Simak Video "Gedung Komersial Terbakar Dahsyat, Langit New Jersey Memerah"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/nds)