Arteta ke Leno: Jangan Banyak Ngeluh, Teruslah Berusaha

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Sabtu, 02 Okt 2021 09:20 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - AUGUST 28: Bernd Leno of Arsenal warms up prior to the Premier League match between Manchester City  and  Arsenal at Etihad Stadium on August 28, 2021 in Manchester, England. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images)
Bernd Leno diminta fokus berlatih dan jangan mengeluh soal minimnya jam terbang (Getty Images/Catherine Ivill)
London -

Manajer Arsenal Mikel Arteta menanggapi santai keluhan Bernd Leno soal waktu bermain. Leno diminta tetap fokus dan tidak banyak mengeluh.

Leno sejatinya adalah kiper utama Arsenal sedari awal musim ini. Tapi, ketika Leno berada di bawah mistar, Arsenal malah selalu kalah di tiga pertandingan awal dan kebobolan sembilan gol!

Setelah itu, Leno sempat absen karena cedera sehingga tempatnya diambil Aaron Ramsdale. Kiper yang didatangkan dari Sheffield United itu langsung tampil apik dengan membawa Arsenal memenangi tiga laga beruntun.

Menghadapi Norwich City, Burnley, dan Tottenham Hotspur, gawang Ramsdale cuma bobol sekali. Alhasil, Leno cuma jadi pelapis Ramsdale ketika dia masuk tim.

Leno baru sekali tampil dalam sebulan terakhir, yakni saat mengalahkan AFC Wimbledon di babak ketiga Piala Liga Inggris. Kondisi ini pun lantas membuat Leno mulai gerah.

Sebab, minimnya jam terbang membuatnya makin sulit menembus timnas Jerman. Leno butuh bermain rutin demi mengasah lagi kemampuannya.

Sementara, fans Arsenal merasa Ramsdale patut dicoba setelah performa naik-turun Leno selama jadi pilihan utama. Jika Ramsdale tetap bermain apik, maka Leno siap-siap jadi cadangan abadi.

Kekesalan Leno ini pun sampai ke Arteta yang malah meminta kiper 28 tahun itu untuk terus berlatih, dan tidak mengeluh. Arteta mengklaim sudah membicarakan situasi saat ini dengan Bernd Leno.

"Saya sudah bicara panjang lebar dengannya 48 jam sebelum membuat keputusan. Tentu saja isi percakapan itu rahasia dan saya tidak akan membeberkannya kepada media," ujar Mikel Arteta seperti dikutip ESPN.

"Saya berharap dia mempertahankan apa yang sudah dilakukan setiap harinya. Berlatih seperti biasanya, menjadi dirinya sendiri, bersikap biasanya saja, mampu menjaga dirinya sendiri, dan coba membantu kiper lainnya, begitu juga sebaliknya," sambungnya.

(mrp/ran)