Wayne Bridge 'Spesialis' Klub OKB & Kisah 'Pacarku Direbut Kapten'

Tim detikcom - Sepakbola
Rabu, 13 Okt 2021 12:40 WIB
LONDON - NOVEMBER 12: Wayne Bridge of Chelsea looks despairing during the Carling Cup Fourth Round match between Chelsea and Burnley at Stamford Bridge on November 12, 2008 in London, England.  (Photo by Mike Hewitt/Getty Images)
Foto: Mike Hewitt/Getty Images
Jakarta -

Kedatangan pemilik klub kaya-raya ke dua Liga Inggris di tahun 2000-an sama-sama memunculkan Wayne Bridge sebagai salah satu rekrutan awal. Sial buat Bridge, di klub yang kedua ada pula kisah pacar direbut kapten.

Wayne Bridge, yang pensiun di tahun 2014, pernah punya reputasi sebagai salah satu pemain bertahan paling solid di Premier League untuk posisi bek kiri.

Pada periode 2002-2009, ia pun mencatatkan tak kurang dari 36 penampilan buat timnas Inggris. Wayne Bridge juga terpilih masuk skuad the Three Lions di dua edisi Piala Dunia, dan gelaran Piala Eropa 2004.

Karier Wayne Bridge di dunia sepakbola sendiri ia rintis di Southampton, yang juga merupakan kota kelahirannya 41 tahun silam. Yang menarik, Bridge justru dimainkan sebagai penyerang tengah saat debut di tim cadangan Southampton pada 13 Agustus 1997. Beberapa bulan kemudian, Januari 1998, karier profesionalnya dimulai.

Debut Wayne Bridge untuk tim utama Soton berawal pada Agustus 1998, saat masuk sebagai pemain pengganti. Ia menuntaskan musim pertama sebagai pemain tim utama the Saints dengan 15 kali jadi starter plus delapan penampilan sebagai pemain pengganti. Bridge ketika itu banyak beroperasi sebagai pemain sayap kiri.

Seiring berjalannya waktu, Wayne Bridge mulai mengukuhkan diri sebagai pemain bek kiri Soton yang punya lari kencang, skill oke, fisik jempolan, dan konsistensi apik. Tendangan bebasnya menambah amunisi Bridge saat itu.

[Selanjutnya: Karier di Chelsea dan skandal asmara]