Manchester United Butuh Pemain seperti Roberto Firmino!

Bayu Baskoro - Sepakbola
Kamis, 28 Okt 2021 16:00 WIB
Liverpools Roberto Firmino runs with the ball away from Manchester Uniteds Fred, left, during the English Premier League soccer match between Manchester United and Liverpool at Old Trafford in Manchester, England, Sunday, Oct. 24, 2021. (AP Photo/Rui Vieira)
Roberto Firmino saat menghadapi Manchester United. (Foto: AP/Rui Vieira)
Manchester -

Manchester United boleh jadi memiliki banyak bintang di lini depan. Namun, apa yang dibutuhkan Setan Merah saat ini adalah sosok seperti Roberto Firmino.

Sektor serangan MU diisi nama-nama tenar seperti Marcus Rashford, Edinson Cavani, Jadon Sancho, Mason Greenwood hingga Cristiano Ronaldo. Belum lagi ditambah gelandang serang sekaliber Bruno Fernandes yang membuat lini depan tim tampak mematikan.

Kenyataannya, para pemain tersebut tak berkutik kala MU menjamu Liverpool di Old Trafford akhir pekan lalu. Alih-alih mencetak gol, Setan Merah justru diberondong lima gol tanpa balas oleh The Reds.

Baca juga: Awan Kelabu MU

Manchester United pun panen kecaman selepas malam horor di Theatre of Dreams. Deretan penyerang tim tuan rumah dipertanyakan kemampuannya, lantaran kesulitan menembus pertahan Liverpool yang diisi Virgil van Dijk dkk.

Cristiano Ronaldo yang diplot sebagai ujung tombak justru jarang mendapat suplai bola. Pemain sayap semisal Mason Greenwood lebih banyak menampilkan skill individu dan menembak langsung bola dari luar kotak penalti.

Tidak hanya gagal mencetak gol, sektor serangan MU juga disorot lantaran tidak terlibat banyak dalam usaha menekan lawan atau membantu pertahanan. Harry Maguire cs yang berada di belakang pun kelabakan ketika serangan balik cepat terjadi dari tengah lapangan.

Masalah ini rupanya sudah diprediksi legenda MU, Gary Neville, setelah kedatangan Ronaldo di awal musim ini. Mantan kapten MU itu menilai CR7 butuh pemain pekerja keras dalam menyerang dan bertahan, yang mana menjadi resep kesuksesan Setan Merah pada 2008.

"Ronaldo membutuhkan pemain di sekitar yang dapat bekerja sangat keras untuk bertahan. Ini sama seperti tahun 2008. Park Ji-Sung, Darren Fletcher, Owen Hargreaves, Wayne Rooney dan Carlos Tevez semuanya bekerja seperti Trojan demi menopang Ronaldo dalam hal apa yang dia lakukan," kata Neville, dikutip dari Daily Mail.

"Pemain terbaik tidak membuat tim terbaik. Itu sebabnya saya berkarir di Manchester United, itu sebabnya Darren Fletcher, Nicky Butt, Ji-Sung Park, Owen Hargreaves dan pemain sejenisnya memiliki karier, karena anda membutuhkan petarung di samping jenderal yang anda miliki," sambungnya.

"Manchester United memiliki banyak jenderal, tapi apabila mereka tidak mulai bekerja keras maka mereka tidak akan memenangkan apa pun," pungkasnya.

[Selanjutnya: Firmino si Pelayan]