ADVERTISEMENT

Menanti Revolusi Ala Ralf Rangnick di MU

Yanu Arifin - Sepakbola
Selasa, 30 Nov 2021 10:02 WIB
GRIMMA, SAXONY - JULY 20:  Headcoach Ralf Rangnick of Leipzig during the Pre Season Friendly Match between FC Grimma and RB Leipzig at Stadium of friendship on July 20, 2018 in Grimma, Germany.  (Photo by Karina Hessland/Getty Images)
Ralf Rangnick resmi menjadi manajer interim Manchester United. (Foto: Karina Hessland/Getty Images)
Manchester -

Ralf Rangnick resmi menjadi manajer interim Manchester United. Pria 63 tahun itu disebut akan membuat perubahan besar-besaran di tubuh Setan Merah.

MU resmi menunjuk Rangnick sebagai manajer interim hingga akhir musim. Setelahnya, pria asal Jerman itu akan bekerja menjadi penasihat klub dalam dua tahun ke depan sesuai kontraknya.

Datangnya Rangnick, yang sebelumnya menjadi direktur pengembangan klub Lokomotiv Moskow, diyakini akan mengubah banyak hal di MU. Mulai dari sistem permainan, perekrutan pemain, hingga penunjukkan manajer ke depannya.

Rangnick sendiri dikenal sebagai Bapak Gegenpressing, taktik menekan lawan yang awalnya dipopulerkan pelatih Uni Soviet Valeriy Lobanovskiy. Dan Rangnick kemudian menularka pakem itu ke banyak pelatih, seperti Juergen Klopp hingga Thomas Tuchel.

Ralf Rangnick sendiri juga banyak melatih klub. Sejak 1983, ia banyak melatih klub Jerman, di antaranya Stuttgart, Hannover, Schalke 04, Hoffenheim, dan terakhir RB Leipzig.

Kemampuannya dalam urusan manajemen klub juga patut diacungi jempol. RB Leipzig misalnya, bisa disulap menjadi kekuatan baru di Jerman.

Di MU, perubahan dinilai menjadi keniscayaan yang dibawa Rangnick. Hal itu diungkap Ralph Hassenhuetl, yang pernah bekerja bersama di Leipzig.

"Saya mengenalnya dengan sangat baik. Kami memiliki dua tahun yang sangat sukses. Dia direktur olahraga, jadi saya tahu bagaimana dia dan bagaimana dia bekerja" kata Hassenhuetl, seperti dilansir Daily Echo.

"Dia pekerja keras dan membutuhkan tim yang bagus di sekitarnya. Dia pasti akan membalikkan setiap batu di sana, karena dia tidak ingin ada kelemahan di bagian mana pun dari klubnya."

"Enam bulan tidak terlalu lama untuk membalikkan keadaan, tetapi dia [Ralf Rangnick] akan memiliki dampak besar. Saya pikir liga ini dikenal dengan manajer terbaik bekerja di sini, atau terutama tim-tim besar. Mereka harus selalu mencari opsi terbaik. Saat ini dia adalah salah satunya, dan saya yakin dia akan memiliki pengaruhnya di liga ini," ujar Hassenhuetl, yang kini melatih Southampton.

Simak video 'Jadi Manajer Interim MU, Rangnick Debut Saat Lawan Arsenal?':

[Gambas:Video 20detik]



(yna/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT