Liverpool ke Final, Bukti Klopp Tidak Remehkan Piala Liga Inggris

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Jumat, 21 Jan 2022 19:43 WIB
Liverpools manager Jurgen Klopp waves after the English League Cup semifinal second leg soccer match between Arsenal and Liverpool at the Emirates Stadium in London, Thursday, Jan. 20, 2022. Liverpool won 2-0. (AP Photo/Matt Dunham)
Manajer Liverpool Juergen Klopp membantah tidak serius di Piala Liga Inggris (Foto: AP/Matt Dunham)
London -

Liverpool kembali ke final Piala Liga Inggris setelah enam tahun. Manajer Liverpool Juergen Klopp menepis anggapan kalau dia tidak serius di kompetisi ini.

Liverpool lolos ke final Piala Liga Inggris usai menyingkirkan Arsenal di semifinal. The Reds menang 2-0 dalam pertandingan leg kedua semifinal di Emirates Stadium, Jumat (21/1/2022) dini hari WIB, setelah leg pertama di Anfield berakhir imbang tanpa gol.

Ini jadi final pertama Liverpool di Piala Liga Inggris sejak 2016. Sebelumnya terakhir kali Liverpool ke final kompetisi ini adalah pada 2015/2016 yang juga merupakan musim pertama Klopp bersama The Reds.

Klopp kerap dikritik karena dianggap meremehkan Piala Liga Inggris dengan kerap menurunkan tim pelapis, termasuk banyak pemain muda. Musim ini, asisten manajer Liverpool Pepijn Lijnders juga beberapa kali menggantikan Klopp saat konferensi pers.

Klopp membantah tudingan tersebut. Soal pemain-pemain yang diturunkan di Piala Liga Inggris, Klopp punya alasan.

"Tidak, itu tidak benar," ujar Klopp saat ditanya apakah ini pertama kalinya dia menganggap kompetisi ini serius, seperti dilansir Mirror.

"Situasinya selalu sekitar kapan waktunya? Siapa yang bisa dimainkan? Berapa pertandingan yang sudah mereka mainkan?" lanjut manajer asal Jerman itu.

"Saya tidak bisa memilih tim hanya dengan melihat skuad di atas kertas dan memilih 11 pemain berdasarkan itu. Kami harus mempertimbangkan banyak hal dan kami selalu begitu, tapi Anda butuh keberuntungan di waktu-waktu tertentu dan momen spesifik."

"Kami tidak pernah punya itu dan kami selalu menghadapi undian yang rumit dan kami tidak bisa menurunkan line up tim Premier League (di kompetisi piala) tiga hari sebelumnya (pertandingan di liga)."

"Memang tidak selalu tidak beruntung, tapi undiannya selalu bukan yang paling gampang. Jadi tak masalah, kami ingin mengejar semuanya. Bukan berarti kami sudah juara, tapi kami akan ada di sana pada akhir Februari tapi sayangnya lawan juga begitu," kata Klopp.

Liverpool akan menghadapi Chelsea di final Piala Liga Inggris. Pertandingan akan digelar di Stadion Wembley pada 27 Februari.

(nds/krs)