Juara Premier League Bisa Ditentukan hingga Play-off, Asalkan...

Bayu Baskoro - Sepakbola
Rabu, 18 Mei 2022 10:05 WIB
Liverpools Virgil van Dijk, left, duels for the ball with Manchester Citys Kevin De Bruyne during the English Premier League soccer match between Manchester City and Liverpool, at the Etihad stadium in Manchester, England, Sunday, April 10, 2022. (AP Photo/Jon Super)
Manchester City dan Liverpool bersaing memperebutkan titel Liga Inggris. (Foto: AP/Jon Super)
Jakarta -

Manchester City dan Liverpool memperebutkan titel Premier League hingga pekan terakhir. Ada sedikit peluang tim juara ditentukan lewat play-off.

Liga Inggris 2021/2022 akan berakhir pada Minggu (22/5/2022) malam WIB. Dua tim teratas masih berpeluang mengangkat piala di akhir musim.

Man City menempati puncak klasemen sementara Liga Inggris dengan 90 poin. Liverpool berada di bawahnya dengan 89 poin.

Manchester City dipastikan meraih gelar apabila merebut poin penuh saat melawan Aston Villa pada pekan penutup. Namun, The Citizens harus merelakan titel ke Liverpool apabila kalah atau seri dari The Villans, sementara The Reds menang atas Wolverhampton Wanderers.

Di tengah situasi tersebut, Man City dan Liverpool juga berpeluang melanjutkan perebutan gelar juara hingga ke babak play-off. Ada berbagai syarat yang mesti dipenuhi agar pertandingan tersebut terlaksana.

Play-off bisa digelar andaikan Man City tumbang 0-6 dari Aston Villa, sedangkan Liverpool imbang 5-5 melawan Wolverhampton. Hasil tersebut akan membuat kedua tim menuntaskan musim dengan poin sama (90).

Tidak hanya poin yang sama, Man City dan Liverpool juga akan memiliki selisih gol yang identik pula (66). Masing-masing tim mencetak 96 gol dan kebobolan 30 gol.

Man City dan Liverpool juga bermain imbang 2-2 dalam dua pertemuan liga musim ini. Alhasil, rekor pertemuan tim tidak menentukan lantaran tak ada pemenang di antara keduanya.

Menukil laporan The Sun, otoritas Premier League belum membuat perencanaan formal penyelenggaraan play-off. Namun, tanggal yang paling memungkinkan untuk laga tersebut yakni 25 Mei atau 8 Juni di Old Trafford.

Apabila play-off benar-benar terjadi, maka ini akan menjadi sejarah baru bagi Premier League. Belum pernah ada sejarahnya penentuan juara liga dilakukan lewat pertandingan play-off.

Prasyarat Play-off Liga Inggris 2021/2022:

1. Manchester City kalah 0-6 vs Aston Villa
2. Liverpool imbang 5-5 vs Wolverhampton Wanderers.

[Gambas:Opta]

Simak Video 'Senangnya Klopp Liverpool Menang dan Kembali Pepet Man City':

[Gambas:Video 20detik]



(bay/krs)