Detik-detik Anfield Sempat Bergembira Mengira Liverpool Juara

Tim detikcom - Sepakbola
Senin, 23 Mei 2022 19:15 WIB
LIVERPOOL, ENGLAND - MAY 22: General view ahead of the Premier League match between Liverpool and Wolverhampton Wanderers at Anfield on May 22, 2022 in Liverpool, England. (Photo by Jack Thomas - WWFC/Wolves via Getty Images)
Nuansa Anfield saat Liverpool menjamu Wolves. (Foto: Wolves via Getty Images/Jack Thomas - WWFC)
Jakarta -

Pekan pamungkas Premier League 2021/2022 sungguh sarat drama. Ada gol-gol pemacu tensi, comeback epik, juga selebrasi salah duga. Publik Anfield sempat mengira Liverpool juara.

Jarak Manchester City dan Liverpool cuma satu angka menjelang pekan pamungkas. Hal itu membuka pintu menuju momen-momen penuh ketegangan seiring aksi di lapangan.

Saat Pedro Neto menjebol gawang Liverpool untuk bikin Wolverhampton Wanderers unggul 1-0 di menit keempat laga di Anfield, suporter tim tuan rumah sontak terhenyak. Mereka punya jalan yang kian terjal mengejar Man City.

Situasi bertambah tegang saat half time, dengan gol Sadio Mane membuat skor 1-1 di Anfield. Sementara di Etihad, Man City ketinggalan dua gol tanpa balas dari Aston Villa!

Nuansa dramatis bertambah menjelang bertambahnya menit demi menit, menuju berakhirnya waktu permainan. Di Anfield, Mohamed Salah membuat Liverpool berbalik unggul 2-1 di menit ke-84 dan berselebrasi layaknya sudah juara.

Daily Mail menyebut, Mo Salah tak bisa disalahkan karena tidak tahu persis bagaimana situasi di laga Man City di babak kedua. Salah terindikasi mengetahui bahwa the Citizens justru berbalik unggul 3-2 dari isyarat tangan salah seorang suporter di tribune penonton ketika sedang merayakan golnya.

Liverpool's Mohamed Salah celebrates after scoring his goal during the Premier League soccer match between Liverpool and Wolverhampton at Anfield stadium in Liverpool, England, Sunday, May 22, 2022. (AP Photo/Jon Super)Selebrasi Mohamed Salah usai menjebol gawang Wolves. Foto: AP/Jon Super

Tayangan Sky Sports juga memperlihatkan momen menarik di menit ke-85 laga di Anfield, tak lama setelah Salah bikin Liverpool berbalik unggul. Fans si Merah bersorak.

Ada yang berpelukan senang. Ada yang bertepuk tangan kegirangan. Ada yang mengangkat kedua tangan ke udara seperti berselebrasi. Diketahui kemudian bahwa ada rumor menyebar bahwa Villa sudah bikin gol ketiga lawan Man City.

"Ada suara sorakan, walaupun kami tidak tahu persis alasannya karena Man City, sepengetahuan kami, masih unggul tiga gol lawan dua. Aku tidak yakin apakah sebuah rumor palsu sudah menyebar," sebut laporan pertandingan Rob Hawthorne seperti dilansir Daily Mail.

Disebutkan pula, ada yang menduga Jürgen Klopp termakan rumor itu sehingga terlihat memeluk Thiago Alcantara di tepi lapangan. Tapi ada pula dugaan lain, bahwa pelukan itu hanyalah bentuk simpati dan cara Klopp menghibur Thiago yang cedera di awal babak kedua.

Sedangkan di bench, saat detik-detik Anfield bersorak riang di tengah situasi tidak pasti, dua pemain Liverpool tetap terlihat cool. Ada Takumi Minamino yang meminta sekelilingnya tetap tenang. Juga Virgil van Dijk yang terlihat tak terpengaruh dengan keadaan di stadion.

Pada akhirnya, tentu saja seperti diketahui bersama, Liverpool secara impresif menang 3-1 lewat sebuah comeback. Tapi gelar juara jadi milik Manchester City, yang juga comeback dan menang 3-2 atas Aston Villa.

(krs/nds)