Sudah Enam Tahun Arsenal Tak Rayakan St. Totteringham's Day

Adhi Prasetya - Sepakbola
Selasa, 24 Mei 2022 02:11 WIB
LONDON, ENGLAND - MAY 22: Mikel Arteta manager of Arsenal during the Premier League match between Arsenal and Everton at Emirates Stadium on May 22, 2022 in London, United Kingdom. (Photo by Marc Atkins/Getty Images)
Manajer Arsenal, Mikel Arteta gagal membawa timnya lolos ke Liga Champions musim depan. Foto: Getty Images/Marc Atkins
Jakarta -

Arsenal lagi-lagi gagal ke Liga Champions musim depan. Lebih pedih lagi, The Gunners sudah enam tahun terakhir selalu finis di bawah Tottenham Hotspur dalam klasemen akhir Liga Inggris.

Terakhir kali Arsenal finis di atas Tottenham, yang dirayakan sebagai St. Totteringham's Day, adalah pada musim 2015/16. Saat itu, skuad asuhan Arsene Wenger menempati posisi runner-up klasemen akhir, sedangkan Spurs di posisi tiga.

Setelahnya, perayaan tersebut tak lagi ada, setidaknya sampai sekarang. Sebabnya, Arsenal tak pernah lagi mengungguli Spurs yang merupakan rival sesama klub London Utara itu.

Pada musim ini, Arsenal sebetulnya punya kesempatan untuk finis di atas Tottenham. Hingga pekan ke-35, skuad besutan Mikel Arteta sudah mengumpulkan 66 poin dan berada di urutan empat klasemen, unggul empat angka dari Spurs.

Namun di tiga pekan terakhir, Arsenal hanya meraih satu kemenangan dan menelan dua kekalahan, sementara Tottenham berhasil meraih tiga poin di tiga laga sisa. Akibatnya, posisi mereka pun disalip pasukan Antonio Conte.

Tottenham akan kembali ke Liga Champions musim depan usai finis keempat dengan 71 poin. Arsenal cuma mengumpulkan 69 poin, dan harus puas berpartisipasi di Liga Europa.

Meski demikian, Arsenal setidaknya masih bisa menepuk dada di ajang lain. The Gunners berhasil memenangi dua Piala FA pada 2017 dan 2020, serta dua trofi Community Shield pada tahun-tahun yang sama. Sedangkan Tottenham sudah puasa gelar sejak 2008 silam.

Posisi Arsenal dan Tottenham di klasemen akhir Liga Inggris dalam enam musim terakhir:

Musim 2016/17: Tottenham ke-2, Arsenal ke-5

Musim 2017/18: Tottenham ke-3, Arsenal ke-6

Musim 2018/19: Tottenham ke-4, Arsenal ke-5

Musim 2019/20: Tottenham ke-6, Arsenal ke-8

Musim 2020/21: Tottenham ke-7, Arsenal ke-8

Musim 2021/22: Tottenham ke-4, Arsenal ke-5

(adp/bay)