ADVERTISEMENT

Coba-coba Pemain Ala Southgate Berujung Inggris Disikat Hungaria

Adhi Prasetya - Sepakbola
Rabu, 15 Jun 2022 10:35 WIB
WOLVERHAMPTON, ENGLAND - JUNE 14:   England Manager Gareth Southgate reacts during the UEFA Nations League League A Group 3 match between England and Hungary at Molineux on June 14, 2022 in Wolverhampton, United Kingdom. (Photo by Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images)
Rotasi pemain yang dilakukan Southgate berujung kekalahan Inggris. Foto: Getty Images/Chris Brunskill/Fantasista
Wolverhampton -

Inggris disikat Hungaria empat gol tanpa balas di kandang sendiri dalam lanjutan UEFA Nations League. Eksperimen manajer Gareth Southgate dalam menurunkan pemain malah berujung blunder.

Inggris tak berdaya di hadapan Dominik Szoboszlai dkk dalam laga yang digelar di Molineux, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB. Roland Sallai sudah menjebol gawang Aaron Ramsdale saat laga baru berjalan 15 menit.

Di babak kedua, Hungaria kian mengeksploitasi kerapuhan lini belakang The Three Lions. Sallai menambah golnya di menit ke-70, memanfaatkan lubang di sisi kiri pertahanan Inggris. 10 menit berikutnya, giliran Zsolt Nagy yang mencetak gol.

Kartu merah John Stones di pengujung laga memudahkan Hungaria menambah gol lagi, kali ini melalui tendangan chip Daniel Gazdag di menit ke-89. Ia melakukannya dalam situasi satu lawan satu dengan Ramsdale, sembari dikawal Kyle Walker.

Kebobolan empat gol di kandang sendiri menjadi yang pertama bagi Inggris sejak 1953, kala mereka ditaklukkan Hungaria era Ferenc Puskas dengan skor 6-3. Mereka juga terancam turun kasta ke Liga B karena baru mengumpulkan dua poin dari empat laga.

Southgate pun mengakui timnya tak cukup bagus untuk memenangi laga. Peluang yang tercipta juga mematikan. Dari 10 tembakan, hanya dua yang tepat sasaran. Bandingkan dengan Hungaria yang membuat lima shot on goal dalam enam percobaan saja.

Juru taktik 51 tahun ini 'menyalahkan' rotasi taktiknya sendiri, yang memberikan kesempatan untuk beberapa pemain muda seperti Marc Guehi, Conor Gallagher, hingga Jude Bellingham. Nyatanya, para youngsters tersebut tak tampil sesuai harapan.

"Saya tak bisa menutup-nutupi apapun yang terjadi malam ini. Saya tak mendapat keseimbangan yang tepat," ujar Southgate seusai laga, dikutip Sky Sports.

"Kami memiliki beberapa pemain muda bertalenta, namun mereka butuh para pemain berpengalaman di sekitar mereka. Saat situasi tak berjalan baik, saya tak menaruh seorang pemimpin di sekitar mereka.

"Saya tak bisa menurunkan (Declan) Rice lagi. Saya juga tak bisa memainkan (Harry) Maguire lagi. Sebenarnya bisa. Tapi jika mereka sampai cedera serius dan absen di Piala Dunia, itu akan menghukum saya sendiri."

"Dalam situasi sulit, kamu perlu pengalaman untuk mengendalikan laga semacam tadi, inilah keseimbangan yang tak kami punya di laga ini. Ini menjadi tanggung jawab saya," jelas Southgate.

(adp/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT