Friedel: Alisson Sedikit Lebih Baik dari Ederson, tapi...

Putra Rusdi K - Sepakbola
Kamis, 23 Jun 2022 22:00 WIB
Soccer Football - Premier League - Liverpool v Manchester City - Anfield, Liverpool, Britain - October 7, 2018  Liverpools Alisson and Manchester Citys Ederson before the match      REUTERS/Phil Noble  EDITORIAL USE ONLY. No use with unauthorized audio, video, data, fixture lists, club/league logos or live services. Online in-match use limited to 75 images, no video emulation. No use in betting, games or single club/league/player publications.  Please contact your account representative for further details.
Foto: Phil Noble/Reuters
Liverpool -

Brad Friedel mengatakan Alisson dan Ederson adalah dua kiper hebat dengan keunggulan masing. Namun, ia menilai Alisson sedikit lebih baik dari Ederson.

Alisson dan Ederson dianggap beberapa pihak sebagai dua kiper tebaik di Liga Inggris. Mereka unjuk gigi bersama klub masing-masing yaitu Liverpool dan Manchester City.

Keduanya mendominasi gelar kiper terbaik Liga Inggris dalam empat tahun terakhir. Alisson meraihnya di musim 2018/2019. Sementara, Ederson mendapatkan gelar itu pada 2019/2020 dan 2020/2021.

Untuk musim 2021/2022, Alisson dan Ederson berbagi gelar ini, Pasalnya, mereka sama-sama mencatatkan 20 cleansheet.

Persaingan keduanya juga berlanjut untuk satu tempat di timnas Brasil. Alisson lebih sering jadi pilihan utama menyisihkan Ederson.

Alisson sudah mencatatkan 55 penampilan untuk timnas Brasil. Sedangkan, Ederson baru 18 kali mengawal gawang Tim Samba.

Mantan kiper Liverpool, Brad Friedel, menilai Alisson memang sedikit lebih unggul dari Ederson. Namun, ia menegaskan keduanya adalah kiper dengan tipe berbeda.

Mereka punya keunggulan masing-masing. Alisson sangat tanguh di bawah gawang. Ederson punya keunggulan dengan sangat cakap sebagai ball-playing goalkeeper.

"Mereka penjaga yang berbeda dan saya akan menempatkan Alisson sedikit di depan. Namun, seseorang bisa duduk di sebelah saya dan berdebat dengan cara lain," ujar Friedel dikutip dari Liverpool Echo.

"Ederson lebih baik dengan kakinya. Dia istimewa dengan kakinya, luar biasa. Alisson mungkin sedikit lebih baik dengan shot-stopping secara keseluruhan. Mereka sama dalam umpan silang dan satu lawan satu," jelasnya.



Simak Video "Kata-kata Pertama Haaland Kala Berseragam Man City"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/krs)