ADVERTISEMENT

Miliarder Inggris Sir Jim Ratcliffe Mau Beli MU

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Kamis, 18 Agu 2022 06:30 WIB
Jakarta -

Miliarder Inggris Sir Jim Ratcliffe menyatakan minatnya membeli Manchester United. Bos perusahaan kimia Ineos itu siap bernegosiasi dengan keluarga Glazer.

Manchester United menjalani start terburuknya dalam 101 tahun setelah dibungkam Brighton & Hove Albiona 1-2 di Old Trafford dan dihajar 0-4 di markas Brentford. Mereka kini terbenam di dasar klasemen, seiring pudarnya antusiasme era baru Erik ten Hag.

Buruknya start MU ini memicu kecaman dari kalangan pendukung tim pemilik gelar Liga Inggris terbanyak tersebut. Kelompok suporter The 1958 sudah mengajak fans lainnya untuk berdemo sebelum laga kontra Liverpool akhir pekan ini.

Mereka bertekad mengusir Keluarga Glazer yang dinilai sudah gagal menjaga daya saing dan cuma mengeruk uang dari klub. Mereka juga dianggap sebagai yang paling bertanggung jawab atas ketidakjelasan rencana dan proyek MU, dengan investasi ke aspek lapangan yang lemah.

Musim panas ini, MU kesulitan dan tampak sudah gagal mendapatkan gelandang Barcelona Frenkie de Jong yang jadi incaran utama di bursa transfer. Target top lainnya yang belum juga berhasil diwujudkan adalah penyerang Ajax Antony.

Dalam beberapa musim terakhir, demo dan desakan agar Keluarga Glazer hengkang sudah terus terjadi. Bos Tesla Elon Musk sempat melontarkan niat untuk membeli klub, tapi belakangan diketahui hanya sebuah lelucon.

Namun kabar terbaru boleh jadi memberikan harapan buat suporter MU. Miliarder Inggris Sir Jim Ratcliffe kembali menyatakan niatnya untuk membeli klub.

Ratcliffe, yang lahir di daerah Greater Manchester, tumbuh sebagai pendukung The Red Devils. Pria 69 tahun itu diperkirakan punya harta kekayaan senilai 16,3 miliar dolar Amerika Serikat, atau sekitar Rp 240,7 triliun.

"Kalau klub dijual, Jim pastinya adalah seorang pembeli potensial," ungkap juru bicara Ratcliffe kepada The Times.

"Kalau sesuatu semacam ini memungkinkan, kami akan tertarik untuk melakukan pembicaraan, dengan pandangan untuk kepemilikan jangka panjang," imbuhnya.

Pernyataan Ratcliffe ini diyakini merepons berita bahwa Keluarga Glazer siap melepas sebagian kecil saham mereka di MU. Ratcliffe sendiri bukan sosok baru di dunia olahraga. Ia merupakan pemilik klub sepakbola Nice (Prancis) dan Lausanne-Sport (Swiss), juga tim balap sepeda top dunia, Ineos Grenadiers.

Perusahaannya, Ineos, juga menjalin kerja sama dengan tim Formula 1 Mercedes. Ratcliffe sebelumnya turut mengajukan tawaran untuk membeli Chelsea seharga 4,25 miliar paun pada bulan Mei tapi gagal.

Meski ikut menawar Chelsea, ia dengan tegas tetap seorang suporter Manchester United. Dalam kesempatan yang sama, ia menjelaskan bahwa satu-satunya alasan tak menawar MU saat itu adalah karena Keluarga Glazer tak menjualnya.

(raw/pur)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT